Brilio.net - Dalam dunia usaha, hampir mustahil diisi oleh orang-orang yang jujur semua. Tidak jarang kamu bakal menemui yang culas bin nakal. Seperti yang dialami oleh Jianto ketika menjalankan usaha losternya.

Seolah hal yang pasti, Jianto menuturkan bahwa kalau seseorang bergelut di dunia usaha pasti akan menemukan yang nakal-nakal. "Dulu pernah ada dia ngutang hampir Rp 50 juta, ditagih nggak ada iktikad baik. Akhirnya saya pilih ribut. Ada juga yang order, kita sudah kirim barang tapi waktu ditagih susah. Dia banyak alasan dan menghindari gitu," keluhnya saat ditemui brilio.net, Kamis (21/5).

Ada pula yang pernah mengorder jumlahnya ribuan tapi enggan diajak bikin perjanjian. "Padahal kan perjanjian itu biar jelas, biar kita sama-sama enak. Soalnya uang kita sudah kepakai hampir Rp 100 juta waktu itu. Akhirnya batal, dan ketahuan sama saya kalau orang yang pesan ini ngorder ke salah satu teman yang ngambilnya dari saya juga. Jadinya dia kena lebih mahal," tuturnya.

Jianto percaya, mereka yang nakal-nakal bakal kena getahnya. "Kalau kita masuknya pakai Assalamu'alaikum ya bakal disambut dengan baik, keluarnya pakai salam juga."

Akhirnya, diakui Jianto, kini dia rutin membuat perjanjian kerja sama kepada setiap pelanggannya serta tak lupa membahas ung muka di awal demi menghindari kecurangan. Selain itu, resiko dalam dunia usaha adalah keuangan bakal tidak menentu.