Brilio.net - Bekerja mencari uang sepulang sekolah adalah hal tidak seharusnya dilakukan oleh anak dalam usia sekolah apalagi anak yang rata-rata usianya masih di bawah 12 tahun, apa pun alasannya.

Namun tidak demikian dengan apa yang dilakukan oleh anak-anak di Malinau Barat, Provinsi Kalimantan Utara yang merupakan perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia. Karena keadaan ekonomi menyebabkan mereka lebih memilih untuk bekerja dibanding bersekolah.

Sebagai seorang guru pun Firdaus dituntut ekstra sabar untuk menghadapi anak-anak pedalaman tersebut. Banyak di antara siswa Firdaus yang belum memiliki kesadaran yang tinggi untuk belajar. Siswa yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan sudah menjadi hal yang biasa di sana. Bahkan, ada yang tidak masuk sekolah sampai berhari-hari.

"Salah satu murid saya bernama Tugi, dia siswa kelas IX SMP yang sering tidak masuk hingga berhari-hari karena harus berburu atau masuk ke hutan untuk mencari pohon gaharu atau rotan," cerita Firdaus kepada brilio.net, Senin (6/7)

Firdaus juga harus memiliki kesabaran dalam mengajar mereka karena kemampuan akademik mereka yang  relatif rendah. Beberapa siswa kelas VII belum bisa membaca dan beberapa siswa kelas IX belum bisa berhitung dengan baik. Kebanyakan dari mereka juga belum mampu menangkap dan mengingat pelajaran dengan baik. Ketika menjelaskan materi pelajaran, Firdaus harus menjelaskannya berulang kali agar mereka paham.

Sehari-hari anak-anak tersebut selalu bekerja membantu orangtua mereka, baik mencari buah di hutan ataupun mencari kayu bakar untuk menghangatkan malam dan sebagai penerang rumah karena listrik belum masuk di Desa Long Pada tersebut.

"Alhamdulillah sejak kami guru-guru SM3T datang, semangat mereka mulai tumbuh. Mungkin karena mereka belum pernah mendapatkan materi yang kami ajarkan," lanjut Firdaus.

Sebenarnya tidak sedikit dari siswa Firdaus yang sebenarnya memiliki potensi yang bagus dalam belajar. Mereka selalu bersemangat untuk datang ke sekolah dan belajar walaupun mereka hidup dengan banyak keterbatasan.

Tidak jarang mereka datang ke rumah singgah para guru malam-malam untuk belajar. Walaupun kadang-kadang mereka sangat sulit dalam memahami apa yang diajarkan, namun semangat yang mereka tunjukkan membuat Firdaus ikut bersemangat untuk terus mendampingi mereka menuntut ilmu.

Bekerja mencari uang sepulang sekolah adalah hal tidak seharusnya dilakukan oleh anak dalam usia sekolah apalagi anak yang rata-rata usianya masih di bawah 12 tahun, apa pun alasannya.

HOT NEWS:

 

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi

Ini dia penipuan paling epik pembeli online Indonesia, bikin ngakak

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa