Brilio.net - Persiapan kencan pertama itu penting, guys. Mulai dari penampilan sampai sikap kudu dijaga baik untuk lebih menarik hati cewek idamanmu. Tak ketinggalan cara kamu ngomong dan isi omongan yang kamu sampaikan.

Nah, kira-kira apa saja ya, yang patut kamu katakan dan nggak saat kencan pertama? Dilansir brilio.net dari laman Men's Health, Minggu (18/10), berikut poin-poin dan penjelasannya buat kamu:

DO
1. Bicarakan passion
Bukan bermaksud songong ya, guys, tapi mengutarakan passion itu bisa menjadi topik obrolan yang seru, lho. Gebetanmu pasti ingin tahu kamu punya preferensi tentang apa. Siapa tahu kan, kalian memang cocok satu sama lain dalam hal passion sehingga bisa saling dukung? Kalaupun nggak satu passion, kalau memang dia suka dan cinta sama kamu, dia pasti bakalan mendukungmu. Dan tanda awal dia suka kamu dan mendukung passionmu adalah dia tampak antusias membicarakan passionmu itu.

2. Utarakan fakta
Saat kencan pertama janganlah menggeber semua rahasia pribadimu. Cewek akan bosan dan menilaimu lebai atau pikiran negatif lainnya. Ungkapkan saja seperlunya dan itu sebuah fakta, bukan cerita mereka-reka. Cewek butuh dan ingin mengenal siapa dirimu sebenarnya.

3. Lontarkan pujian
Cewek suka pujian, catat! Sekalipun gombalan. Tapi kalau memang kamu suka sama dia, masa sih, kamu sekadar menggombal? Nah, jangan ragu, tapi juga jangan lebai dalam memujinya cantik, manis, indah, dan sebagainya. Tapi pastikan kamu melakukannya dengan sopan, ya. Kamu bakal ditampar kalau berlaku nggak sopan saat kencan pertama.

4. Sedikit misterius
Percaya atau nggak, sebuah studi dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin, cewek itu malas sama cowok yang selalu mengejarnya tanpa henti dan menghujani terlalu banyak perhatian. Cewek juga suka terhadap sosok yang misteri. lho. Singkat kata, sesuatu yang berlebihan itu nggak bagus, kan? Jadi, pandai-pandai saja membuka diri dan memberikan perhatian, tapi sekali waktu juga jutek-jutek gimana gitu sehingga cewek gemas dan semakin terpesona sama kamu.

5. Ajukan pertanyaan yang tepat
Biasanya percakapan kencan pertama itu dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan basa-basi untuk memancing pembicaraan lebih banyak lagi. Jangan ragu untuk menanyakan hobinya, film favoritnya, makanan yang nggak dia suka, atau apa pun itu. Hal ini bukan hanya menunjukkan kamu tertarik mengetahui informasi tentang dia, tapi perlahan bisa membuat dia mengungkapkan jati dirinya dengan sendirinya, sebab dia perlahan nyaman berbagi cerita sama kamu.

DON'T
1. Jangan jadi sesi tanya jawab intimidatif
Kalau kencan pertama, jangan pernah melontarkan pertanyaan yang seakan menodong. Misalnya buru-buru kapan menikah, kalau menikah harus seperti apa, atau hal-hal intimidatif tentang hal yang sensitif untuk ukuran orang yang baru beberapa hari atau minggu kenal. Sebaiknya bicarakan apa saja yang fun dan menambah pengetahuan kamu tentang dia sehingga kamu bisa mengenalnya lebih dalam dan secara perlahan. Nggak ada yang instan, sekalipun mi instan juga butuh masak selama tiga menit, guys.

2. Lempeng mengobrol
Kalau memang perlu nge-list bahan obrolan saat kencan pertama pada malam sebelumnya, jangan ragu. Hal ini buat jaga-jaga biar obrolan di antara kamu dan dia nggak garing dan malesin. Yakin, deh, cewek itu suka diajak mengobrol hal-hal seru. Dan umumnya mereka ingin kamu yang bergerak dahulu memulai obrolan dan memancing menghidupkan suasana. Nanti dia akan mengikuti alurmu. Tapi kalau kamu basa-basinya basiiii banget, siap-siap gigit jari nggak dapat jatah kencan kedua dan selanjutnya, alias nggak ada peluang melanjutkan hubungan--kecuali kamu mengubah strategi.

3. Membuat janji
Jangan pernah membuat janji akan ada kencan selanjutnya pada kencan pertama. Dengan maksud implisit, jangan memberikan harapan muluk apa pun pada awal kencan. Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga perasaan masing supaya perasaan kalian bisa tumbuh perlahan. Perlahan namun pasti lebih baik daripada terburu-buru tapi hasilnya bagus. Dan cinta memang datang perlahan lantas berproses. Itulah yang awet. Nah, selesai kencan pertama, utarakan saja perasaanmu selama kencan. Kemudian lain hari, ajak kembali dia berkencan.

Sudah siap mempraktikkan, guys?