Brilio.net - Siapa sih yang tidak suka kopi? Kopi merupakan jenis minuman yang paling populer di dunia selain teh. Minuman yang memiliki cita rasa serta aroma yang khas ini lmembuat kopi menjadi minuman primadona.  

Berbicara tentang kopi, terdapat banyak sekali jenis yang telah diproduksi di dunia, sebut saja Arabika, Robusta, Bourbon, Catturra, Typica, dan juga Catimor. Namun dari semua jenis tersebut, Arabika dan Robustalah yang bisa dibilang paling terkenal.

Sebagai orang Indonesia, kamu sepantasnya berbangga. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Indonesia juga negara yang memiliki jenis kopi terbanyak di dunia. Hal ini dibenarkan oleh Prawoto Indarto, pakar kopi dan juga penulis buku "Road to Java Coffee".

"Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki jenis-jenis kopi yang masuk sebagai jenis kopi spesial terbaik di dunia. Di Aceh kita punya kopi Gayo dan Mandailing, di Jawa ada kopi Gunung Ijen dan Prianger, di Bali Kintamani, Sulawesi diwakili oleh kopi Enrekang, kopi Flores dan yang terakhir kopi Wamena, Irian," terang Indarto kepada brilio.net beberapa waktu lalu.

Menurut sejarah, sejak tahun 1726, kopi asal Indonesia telah menguasai pasar kopi di Belanda. Dan hingga saat ini,kopi Indonesia tetap menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh pasar dunia. Wilayah Indonesia yang banyak pegunungan, menjadikan Indonesia sebagai habitat yang tepat untuk tanaman kopi. "Selain cara pengolahan, aroma dan cita rasa kopi sangat dipengaruhi oleh kontur tanah dan suhu udara," pungkas Indarto.