Brilio.net - Kamu sadar nggak, belum semua penikmat kopi di dunia ini tahu jenis kopi apa yang sering mereka konsumsi? Dua jenis kopi yang paling populer adalah kopi Robusta dan Arabica. Lalu sebenarnya apa aja sih perbedaan dari keduanya?

Dari berbagai sumber, berikut rangkuman brilio.net tentang 5 hal dasar yang paling mudah digunakan untuk membedakan antara kopi Robusta dan Arabika. Cekidot!

1. Ukuran Biji Kopi

Ini 5 perbedaan mendasar kopi Robusta & Arabica, kamu suka yang mana?

Biji kopi Arabica lebih besar dan cenderung berbentuk lonjong, sedangkan biji kopi Robusta berbentuk lebih bulat.

2. Ketinggian tempat tanam
Kopi Arabika (Coffea arabica) tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1.700 mdpl dengan suhu 16-20°C. Sedangkan kopi Robusta bisa tumbuh dan hidup di daerah dengan ketinggian 400-700 mdpl dengan temperatur 21-24°C.

3. Aroma

Ini 5 perbedaan mendasar kopi Robusta & Arabica, kamu suka yang mana?

Kopi Arabica memiliki aroma wangi mirip aroma percampuran bunga dan buah, sedangkan Kopi Robusta memiliki aroma manis yang khas.

4. Cita rasa
Kopi Arabica dikenal dengan jenis kopi yang bercita rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi Robusta. Arabica juga memiliki tekstur yang halus, sehingga lebih kental di mulut. Kopi Arabica juga lebih pahit dibanding kopi Robusta. Kopi Robusta memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar di lidah, dan rasanya lebih manis seperti cokelat.

5. Kadar kafein

Ini 5 perbedaan mendasar kopi Robusta & Arabica, kamu suka yang mana?

Biji kopi Arabica memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan biji kopi Robusta. Kadar kafein pada kopi Arabica sebesar 1,2%, sedangkan kadar kafein pada biji kopi Robusta sebesar 2,2%.

Sudahkah kamu ngopi hari ini? Kalau kamu lebih suka Robusta apa Arabica?