Brilio.net - Nggak cuma pakaian yang ada aturan pakainya, tapi kacamata juga lho. Sebagai alat bantu penglihatan, kini kacamata juga digunakan sebagai aksesori dengan banyak ragam desain, bahan dan warna yang kadang membuat kita asal dalam memilih kacamata. Asal modelnya kekinian udah cukup untuk membuat penampilan kamu keren.

Padahal saat memilih kacamata perlu juga untuk menyesuaikan bentuknya dengan bentuk wajah kamu lho. Saat memilih kacamata baca dan kacamata hitam alias sunglasses juga perlu dibedakan sedikit lebih sederhana dan berwarna klasik untuk kacamata baca.

Selebihnya nggak perlu khawatir, simak yuk tips berikut ini dalam memilih kacamata yang disesuaikan dengan bentuk wajah kamu, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/4):

1. Heart-Shaped
Kalau kamu memiliki bentuk wajah mungil berbentuk hati yaitu dengan ciri-ciri lebar di dahi, dagu lancip dengan bentuk tulang pipi yang lebar maka kacamata yang sesuai dengan kamu adalah model mata kucing (cat eyes), bulat (round), ramping (slender) dan sedikit kotak.

Bentuk kacamata ini dapat membuat tulang pipi kamu terlihat lebih kecil dengan bentuk alis yang tegas. Hindari model kacamata yang terlalu besar dan banyak hiasan pada bagian atas kacamata.

2. Oval
Wajah oval memiliki bentuk dagu dan dahi yang simetris sehingga terlihat seimbang dan proporsional. Maka dari itu, beruntunglah kamu kalau memiliki bentuk wajah oval karena akan terlihat cocok dan menarik dengan model kacamata apapun. Sebagai pilihan, kamu dapat mencoba kacamata bentuk oval, cat eye, atau pun bulat.

3. Square
Si pemilik bentuk wajah kotak yaitu yang memiliki ciri-ciri bentuk rahang yang sama dengan bentuk dahi maka kacamata yang cocok dengan bentuk wajah ini adalah bentuk kotak. Gunakanlah bingkai kacamata yang berwarna tebal dan berwarna pekat agar terlihat lebih cantik.

4. Round
Bentuk wajah bulat terlebih lebih ramping dengan kacamata berbentuk persegi panjang dan kotak. Gagang berwarna gelap seperti hitam akan semakin memperkuat kesan ramping yang kamu inginkan. Kamu juga bisa memilih kacamata dengan desain rimless (tanpa bingkai) atau semirimless supaya wajah kamu nggak keliatan tersembunyi.

5. Base down triangle
Bentuk wajah dengan dahi dan dagu yang kecil, pipi yang lebar ini akan sangat cocok jika diseimbangkan dengan bentuk kacamata oval dengan bentuk lensa yang besar. Selain itu pemakaian warna pada bingkai kacamata akan membuat wajah kamu terlihat lebih elegan. Hindari bentuk frame yang mungil dan kecil ya biar wajah kamu nggak makin kelihatan kecil.