Brilio.net - Ada pepatah yang bilang hidup sehat itu dimulai dari jantung yang sehat. Pepatah itu memang benar adanya, karena jantung menjadi pusat segala peredaran darah bagi tubuh. Oleh karena itu jangan pernah menyepelekan kesehatan jantungmu.

Namun sayangnya, di zaman sekarang banyak orang yang tidak peduli dengan jantungnya. Berbagai kebiasaan yang dilakukan setiap harinya tanpa disadari bisa membahayakan jantung. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini seperti yang sudah brilio.net lansir dari indiatimes, Jumat (11/12):


1. Duduk berjam-jam di depan komputer

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: freakaamaal.com

Duduk berjam-jam di depan komputer tanpa melakukan gerakan olahraga bisa membawa efek buruk pada jantung.


2. Bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: poramorsho.com

Bekerja berlebihan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner, penyempitan pembuluh darah serta memengaruhi gaya hidup seperti pola diet, jarang olahraga dan kebiasaan merokok.


3. Menonton TV terlalu lama

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: theatlantic.com

Efeknya juga sama dengan duduk di depan layar terus menerus dapat mengganggu kesehatan jantung. Sebaiknya imbangi dengan olahraga dan lebih banyak bergerak daripada digunakan bermalas-malasan di depan TV.


4. Stres

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: huffingtonpsot.com

Stres dan depresi ternyata juga dapat memengaruhi kesehatan jantung. Stres dapat membuat jantungmu berdebar lebih kencang dan itu tidak baik. Cara mencegahnya cukup gampang, banyak-banyaklah tertawa.


5. Mendengkur

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: forbes.com

Percaya atau tidak, mendengkur ternyata juga bisa memberikan efek buruk pada jantung. Napas yang terganggu dapat membuat tekanan darahmu naik dan berakibat buruk pada jantung.


6. Hidup anti-sosial

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: telegraph.co.uk

Jika kamu tipe orang penyendiri yang tidak suka bergaul, ternyata itu juga dapat membahayakan jantung. Keluarlah dari rumah, hirup udara segar dan berbaur dengan orang lain dapat membuatmu aliran darahmu lancar.


7. Sering mengonsumsi alkohol

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: afr.com

Sudah bukan rahasia umum lagi jika alkohol itu tidak baik untuk tubuh. Bisa membuat tekanan darah naik dan gagal jantung.


8. Terlalu banyak makan

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: lifehacker.com

Terlalu banyak makan juga tidak baik untuk jantung karena dapat mempersempit saluran peredaran darah ke jantung. Makanlah sewajarnya dan ganti minuman manismu dengan air putih.


9. Suka makan junk food

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: craigbailey.net

Daripada mengonsumsi junk food lebih baik perbanyak makan sayuran, buah, kacang-kacangan dan susu rendah lemak. Hal itu dapat menghindarkanmu dari penyakit gagal jantung.


10. Jangan ambil risiko naik pesawat

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: telegraph.co.uk

Jika kamu punya riwayat penyakit jantung, jangan sembarangan naik pesawat. Karena jika kamu tiba-tiba sesak napas di pesawat dapat membuat jantungmu berhenti mendadak.


11. Jarang pergi ke dokter

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: biokineticspt.com

Meski kamu tidak sakit, namun setidaknya minimal 6 bulan periksakan dirimu ke dokter. Karena namanya penyakit terkadang memang tidak terdeteksi, salah satunya jantung.


12. Merokok

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu
foto: factslides.com


Merokok merupakan bencana bagi jantung. Merokok dapat membuat aliran darah terhambat dan membeku. Tak hanya itu saja, rokok juga berakibat menumpuknya plak pada arteri. Berbagai data juga menunjukkan bahwa kebanyakan perokok meninggal karena penyakit gagal jantung.


13. Terlalu banyak mengonsumsi garam

13 Kebiasaan harian ini tanpa disadari bisa membahayakan jantung kamu foto: postpickle.com

Semakin banyak garam yang dikonsumsi dapat menyebabkan naiknya tekanan darahmu. Dan hal tersebut tidak baik untuk kesehatan jantungmu.


Nah, sudah tahu kan sekarang? Mulai sekarang, cobalah untuk memulai hidup sehat ya. Minimal rajinlah berolahraga dan istirahat yang teratur. Kesehatanmu lho!