Brilio.net - Bukan rahasia lagi, fenomena anggota polisi yang tak patuh hukum memang masih banyak berkeliaran di Indonesia. Mereka dengan mudah dikenali terutama saat menyelenggarakan razia kendaraan bermotor. Saat petugas razia tidak bisa menunjukkan SPT atau Surat Perintah Tugas yang berisi izin menyelenggarakan razia, bisa dipastikan razia tersebut ilegal.

Kejadian unik ini misalnya. Adalah Sammy Andaresta yang mengalami bertemu dengan anggota polisi yang menggelar razia ilegal. Saat ia sedang menikmati perjalanan dengan motornya, tiba-tiba ia dicegat oleh segerombolan polisi di perbatasan Jawa Tengah - Jawa Barat.

VIDEO: Polisi ini ciut nyalinya, gelar razia tak bisa tunjukkan SPT

"Katanya sih razia. Tapi enggak disebutin razia apaan. Enggak ada plank peringatan kalau ada 'operasi kepolisian' juga, padahalkan harusnya ada," tulis Andaresta seperti dikutip brilio.net dari akun Facebooknya, Sabtu (19/12).
 
Tanpa ucapkan salam, polisi-polisi langsung meminta surat-surat milik Andaresta. Namun ketika Andaresta menanyakan SPT atau Surat Perintah Tugas, seorang polisi berkacamata menyuruh Andaresta ke arah bahu jalan. Saat hendak menuju ke titik ditunjuk untuk melihat surat tugas razia, polisi-polisi itu malah mengajak ngobrol Andaresta.

VIDEO: Polisi ini ciut nyalinya, gelar razia tak bisa tunjukkan SPT

"Ini kamera apa? habis dari mana? cape apa ngga, sambil cengengesan lalu malah menyuruh Andaresta jalan tanpa diperiksa. duh," ungkap Andaresta menceritakan kejadian tersebut.

Untuk diketahui, bahwasannya razia polisi yang legal dan sah harus dilengkapi papan tilang yang diletakkan minimal 100 meter sebelum lokasi dan adanya surat tugas. Namun nampaknya polisi-polisi ini tidak memiliki kedua-duanya, sehingga mereka ciut nyali saat ditanya surat tugas.

Simak saja videonya berikut ini, pasti kamu akan ikutan gemas juga.

 

Nah, kalau suatu saat kamu mengalami kejadian serupa seperti Andaresta. Kamu bisa lakukan cara praktis yang bisa langsung kamu baca di sini.