Brilio.net - Ibadah haji merupakan cita-cita tertinggi bagi setiap Muslim. Rukun Islam nomor 5 ini, merupakan sebuah ibadah pamungkas bagi seorang muslim setelah melakukan serangkaian rukun lainnya, seperti syahadat, sholat, puasa, dan zakat.

Namun, sebagai ibadah pamungkas, haji merupakan suatu ibadah yang mempunyai konsekuensi biaya yang cukup mahal. Selain itu kesiapan fisik dan mental untuk berangkat ke tanah suci di Saudi Arabia juga merupakan pertimbangan bagi setiap muslim yang akan menjalankan ibadah setiap bulan Dzulhijjah ini.

Karena itu, bagi mereka yang tidak punya kemampuan untuk berangkat, hanya bisa berpasrah dengan cara menabung, menunggu antrean, atau dengan sebatas meningkatkan ibadah kepada Sang Kuasa.

Salah satu upaya dalam rangka meningkatkan diri kepada Sang Khaliq, di antaranya dilakukan oleh warga Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Mukapayung Berbagai sumber

foto: Instagram/@terangmedia

Dalam video yang diposting akun Instagram @terangmedia pada Selasa (28/6) terlihat sebuah tayangan yang memperlihatkan bangunan yang berbentuk kakbah sedang dalam tahap penyelesaian.

Mukapayung Berbagai sumber

foto: Instagram/@terangmedia

"Untuk melepas rindu, warga di desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, membuat Masjid menyerupai bentuk Ka'bah," kata caption dalam postingan tersebut.

Mukapayung Berbagai sumber

foto: Instagram/@terangmedia

Bangunan masjid yang begitu dibentuk persis seperti bangunan pemersatu umat Islam ini, dibentuk dalam rangka mengobati rasa rindu warga desa Mukapayung.

Mukapayung Berbagai sumber

foto: Instagram/@terangmedia

Video yang disukai hampir seribu orang ini, ramai pula dihampiri warganet untuk membubuhkan komentarnya.

"Masya Allah...orang Indonesia emang kreatif banget... tinggal lingkungan luar nya ntu di bangun mirp masjid Nabawi biar makin keren," kata akun @cobanx_46

"Masya allah siapa arsiteknya," kata akun @angelisna_davefabbeano diiringi emotikon love

"Allahuakbar.. boleh la kan.. sekadar melepas rindu.. kita yg tengok ini pun rasa terobat rindu.. lagi2 kalau selalu lalu.. rasa dekat sgt kaabah tu," Kata @_nurhada.co berkomentar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Terang Media (@terangmedia)