Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki suatu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan, ada yang mengalaminya sejak lahir yang biasa disebut dengan disabilitas. Salah satunya adalah tunarungu atau tuli. Tunarungu adalah gangguan di mana seseorang tidak dapat mendengar suara secara sebagian atau keseluruhan pada salah satu atau kedua telinga.

Seperti salah satu kisah seorang wanita tuli yang membagikan momen saat dia memesan makanan di restoran cepat saji KFC. Momen ini ia bagikan melalui akun TikTok miliknya, @jennifernatalie_. Dalam video yang berdurasi 01.31 detik ini menampilkan ketika pemilik akun tersebut menuliskan pesanannya di ponsel kemudian menunjukkannya kepada karyawan yang bertugas di meja kasir. Beberapa kali ia juga menjelaskan pesanannya lewat gestur tangan agar lebih mudah dimengerti oleh karyawan restoran. Tanpa disangka, karyawan itu juga menjawabnya dengan gestur serta bahasa isyarat untuk mempermudah komunikasi antarkeduanya.

Wanita tuli pesan makanan di KFC, reaksi karyawannya bikin haru TikTok

foto: TikTok/@jennifernatalie_

"Kemudian saya tidak mengerti apa yang disampaikan staffnya. Saya berani bilang 'saya tuli'," tulis wanita ini dalam video tersebut.

Ternyata karyawan tersebut mengambil pulpen dan menuliskan maksudnya pada selembar kertas. Wanita ini menduga karyawan tersebut pertama kali bertemu orang seperti dirinya. 

Bahkan, wanita ini juga menuliskan di videonya bahwa karyawan ini berani melayaninya tanpa rasa malu. Kemudian karyawan ini berkomunikasi melalui gestur, bahasa isyarat serta menulis di kertas maupun ponsel.

Wanita tuli pesan makanan di KFC, reaksi karyawannya bikin haru TikTok

foto: TikTok/@jennifernatalie_

"Staff ini sabar dan ramah. Itu memang sudah tugasnya melayani customer, tak lain customer seperti saya," ungkap perempuan ini.

Di belakang perempuan ini juga terlihat antrean mulai mengular. Meski begitu, pelanggan lain tetap sabar menunggu tanpa tampak kesal. Setelah beberapa saat menunggu, akhirnya makanan yang ia pesan pun telah siap. Karena itulah ia mengunggah momen tersebut dan berharap penyandang tuli lain bisa mendapat perlakukan baik seperti yang dirasakannya.

Wanita tuli pesan makanan di KFC, reaksi karyawannya bikin haru TikTok

foto: TikTok/@jennifernatalie_

Sementara itu, warganet yang menyaksikan video tersebut mengaku tersentuh dan sangat senang dengan perlakuan baik karyawan di restoran KFC tersebut hingga videonya viral. Banyak yang memuji karyawan tersebut hingga pengunjung yang memiliki kesabaran dan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk melakukan hal layaknya orang normal.

"yg keren bkn staff nya. tp mba mba yg ngantri d belakang jg kyknya sabaran. RESPECT!!!" tulis akun @jantidewiloemanto

"Staff hebat, kakany keren, dan cust lain juga sabar. Indah bgt liatnya." puji akun @swaryazhari

"sosial media tempat untuk kita belajar banyak hal yah teman contoh nya seperti video ini. Kita belajar menghargai sesama." tulis pemilik akun @setyo19932

"awesome... staff-nya keren.. entah kenapa bangga melihatnya memperlakukan klien dgn sabar dan tulus." komentar akun @onlyjulieth

"yg keren mbakny, masny, n jg yg sdg mengantri." komentar pemilik akun @nadiarezania.

@jennifernatalie_ Givin' up on you (Feat. Hellin) - Milli Oshyun

(brl/pep)

(brl/pep)