pengantin adat buton © TikTok

foto: TikTok/@waodesherlymuzdal

Sebelum wajahnya dirias, bagian kepala atau kening pengantin dirias menggunakan tinta hitam. Modelnya memang mirip seperti paes, tapi di daerah Buton biasa disebut sebagai popungu, yakni sebuah ukiran poni di atas kening.

Bagi mereka yang menjalani prosesi adat di pernikahannya, poni tersebut harus dibuat dari rambut asli. Namun ada juga yang sudah dimodifikasi seperti pengantin Buton versi hijab.

pengantin adat buton © TikTok

foto: TikTok/@waodesherlymuzdal

Setelah bagian kepala sudah dirias, berikutnya baru merias wajah sang pengantin. Mulai dari mengenakan base seperti foundation, bedak, dan alis. Bagian jerawat pada wajah tertutup dengan rapi meski tanpa alas bedak yang tebal.

pengantin adat buton © TikTok

foto: TikTok/@waodesherlymuzdal

Jangan lupa pasang bulu mata palsu supaya mata semakin on point, serta lipstik berwarna merah cerah seperti ini. Riasan mata dibuat soft glam menggunakan warna nude pink yang cantik dan eyeshadow glitter.

pengantin adat buton © TikTok

foto: TikTok/@waodesherlymuzdal

Setelah selesai dirias, kepala sang pengantin diberi hiasan yang biasa disebut sebagai tipolo. Di dalam tipolo ada hiasan lain di antaranya bigi atau penyanggah bunga, patiga, gulu-gulu, dan bunga ija.

Baju yang dikenakan adalah baju kombo yang merupakan pakaian adat dari Buton beserta dengan aksesori lainnya. Penampilan wajah sang pengantin juga berubah menjadi lebih mulus dan cerah.

Video yang diunggah oleh akun @waodesherlymuzdal tersebut ternyata menarik perhatian warganet. Nggak sedikit warganet yang belum mengetahui pengantin adat Buton itu seperti apa. Beragam komentar ditinggalkan oleh warganet menanggapi postingan tersebut.

Jadiii para pemirsaaa.. adat buton harus bgt yaa harus pake rambut asli.. daerah sulawesi tenggara ya," jelas @istrisatu_satunya.

Langsung Googling adat rambut pengantin Buton. emg bener Kya gitu ternyata.. cakep," ujar sassy octo.

Pertama liat kaget aq..... trnyata aq nya yg blm pernah liat ada adat pengantin buton.... kagum aq sama adat di Indonesia ini...." kata @_jjscsczc.

Pas liat awal ny, tp liat hsl ny ckep bngt," timpal yanayuliana7659.

 

@waodesherlymuzdal #MUAbutur #MUASULTRA #adatbutonutara #sulawesitenggara suara asli - Mahayunesa - necaaa