Brilio.net - Sempat kembali viral di media sosial, foto-foto lawas penampakan gedung garuda raksasa di Indonesia ini dulunya ternyata benar-benar ada. Dilansir brilio.net dari Merdeka.com pada Kamis (25/11), dahulu pemerintah pernah memiliki gedung super megah bernama Graha Garuda Tiara Indonesia.

Graha Garuda adalah proyek milik pemerintahan Soeharto yang terletak di Jalan Raya Narogong, Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Gedung tersebut dibangun sekitar tahun 1995 silam. Pembangunan Graha Garuda ini diniatkan oleh Soeharto sebagai wisma atlet untuk ajang SEA Games 1997 di Jakarta.

potret lawas gedung garuda raksasa © 2021 brilio.net

foto: Merdeka.com

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Arsitektur bangunan ini memang terbilang unik dan mewah. Jika dilihat dari atas, bangunannya dirancang menyerupai burung garuda. Pada bagian kepala dan dada burung garuda, ada lobi dan ruang konferensi yang bisa menampung 3000 orang. Sedangkan di bagian ekor ini terdapat hotel lengkap dengan area parkir dan landasan helikopter. Selain itu, Gedung Graha Garuda rencananya juga dilengkapi lapangan dan kolam renang.

potret lawas gedung garuda raksasa © 2021 brilio.net

foto: Merdeka.com

Diketahui pembangunan gedung ini sempat berjalan dalam dua tahap. Setelah dilakukan pembersihan area, tahun 1995 pondasinya pun dibangun. Ratusan buruh bangunan dikerahkan untuk membangun gedung ini. Namun pada tahun 1998 bersamaan dengan lengsernya Soeharto, Gedung Graha Garuda tak lagi terurus dan dibiarkan terbengkalai. Padahal gedung ini dibangun dengan kucuran dana sekitar Rp 75 miliar. Waktu itu rupiah masih kokoh di angka Rp 2.194/dollar.

Kemudian pada tahun 2000-an terjadi aksi penjarahan. Area gedung yang dulunya memiliki fasilitas lengkap, akhirnya satu per satu menghilang dijarah. Hingga pada tahun 2014, gedung Graha Garuda Tiara dibongkar dan rata dengan tanah.

(brl/lin)