Brilio.net - Sebagian orang pasti menginginkan pesta pernikahan yang mewah dan meriah. Sayangnya, untuk dapat menggelar resepsi pernikahan yang seperti itu, uang yang harus dikeluarkan biasanya relatif tak sedikit.

Namun begitu, jangan berkecil hati dahulu. Pasalnya, tak sedikit kisah-kisah pengantin di luar sana yang sukses menggelar resepsi dengan dekorasi indah namun tetap berbudget hemat.

Cerita dari Clarissa Pratiwi ialah salah satunya. Nama perempuan yang akrab dipanggil Cica ini menjadi viral setelah dirinya menulis thread di Twitter soal bagaimana dirinya bisa menggelar pesta berbiaya Rp 80 jutaan.

Menariknya, budget sekitar Rp 80 juta itu ia kumpulkan dalam waktu sembilan bulan. Lalu, setelah menikah, ia dan sang suami pun masih bisa berbulan madu ke Korea Selatan.

"80jutaan udah sama mas kawin, dan seserahan. 600pax, venue di Bogor deket rumah gue dan deket rumah suami Selesai nikah masih punya tabungan 2 digit, dan masih bisa honeymoon ke Korea," tulisnya melalui akun Twitter @Clarissca, seperti dilansir brilio.net pada Sabtu (16/11).

Loading...

Cica dan suami, Fathi Helmi, sendiri sebetulnya sudah melangsungkan pernikahan pada 11 November 2018 lalu. Pasangan tersebut sudah saling kenal sejak di bangku SMA dan menjalin hubungan jarak jauh sejak 2017 karena Fathi harus bekerja di Oman.

Ketika memutuskan untuk melaju ke jenjang penikahan, Cica dan sang kekasih pun lalu berkomitmen untuk menabung biaya pesta pernikahan mereka dan biaya hidup setelah menikah.

"Fathi bilang tujuannya ia bekerja di sana untuk menabung buat menikah dan biaya setelah menikah. Aku juga menerima kalau dia mau serius. Aku juga ikutan menabung. Sisanya bulan Oktober menabung bareng-bareng," tuturnya.

Lebih lanjut, Cica sendiri mengakui jika ada sejumlah hal yang tidak terlalu perlu dalam pesta pernikahan untuk di-skip. Hal tersebut bertujuan guna menghemat budget. Misalnya saja undangan fisik untuk teman dekat.

"Jadi buat temen dekat dan sahabat aku gak kasih undangan fisik, karena dikirim via whatsapp aja. Bikin undangannya gak di tukang undangan ih aku download aplikasi namanya Canva," paparnya.

"Untuk undangan fisik aku cuma cetak 250. Aku bikin undangannya bukan di tempat printing terkenal. Pas akhir akhir di diskon sama si bapaknya harusnya Rp2juta jadi Rp1,75juta," tulisnya.

Adapun untuk venue, Cica memilih tidak mengadakan resepsi di rumah demi menghemat budget.

"Aku milih ngadain resepsi di venue itu bukan krn pengen mewah tapi justru karena pengen hemat wkwk kenapa? Karena kalo ngadain resepsi di rumah tetangga dari RT1 sampe RT3 alias sekomplek harus di undang ceu gak sanggup," papar Cica.

Sementara itu, untuk MC, katering, hiburan band akustik, makeup, dan baju ia dapatkan secara paketan dengan harga sekitar Rp 65 juta.

"Paket all in MC, Catering, Band Acoustic, Make Up dan Baju (Baju Akad Pengantin, Baju Resepsi Pengantin, Baju 2 Ibu, Baju 2 Bapak, 4 pager ayu) Semuanya di angka Rp65jutaan," tulisnya.

Lepas dari itu, pada akhir utas, Cica lalu berpesan agar jangan memaksakan diri untuk berutang hanya demi menggelar pesta pernikahan yang hanya berlangsung dalam satu hari.

"Kalau kalian punya budget buat nikah Rp100juta jangan diabisin semua! Kalo orang bisa maksain biaya nikah yang overbudget dengan ngutang ke Bank, kita juga harusnya bisa underbudget-in biaya nikah kita. Kalau keluarga kalian ngga setuju, kuncinya adalah jujur & terbuka, bilang apa adanya kalau ya kita mampunya segini & gamau minjem uang," pungkasnya.