Brilio.net - Video yang memperlihatkan cahaya kebiruan melintas di rel kereta api viral. Dilansir brilio.net dari unggahan Instagram @fakta.indo pada Selasa (9/11), kejadian yang diambil sore menjelang malam ini memperlihatkan kilatan cahaya warna biru yang diduga merupakan bola petir.

Perlahan cahaya itu terlihat di sisi lahan tanah pinggir rel kereta, kemudian memercikkan api dekat tiang listrik. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui lokasi pasti pengambilan video tersebut.

viral bola petir © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@fakta.indo

Namun, pemilik akun mengimbau warganet untuk menjauh saat melihat fenomena alam tersebut. "Segera jauhi jika lihat cahaya begini. Cahaya ini dikenal sebagai bola petir, fenomena listrik yang berpotensi meledak. Istilah ini mengacu pada laporan benda bercahaya dan bulat yang bervariasi dari ukuran kacang sampai diameter beberapa meter," demikian keterangan dalam video tersebut.

Akun @fakta.indo menambahkan informasi bahwa bola petir ini bisa meledak dan menimbulkan konsekuensi fatal dan berbau belerang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Fakta Indo | Berita Indonesia (@fakta.indo)

 

"Meskipun biasanya terkait dengan badai petir, fenomena ini berlangsung jauh lebih lama daripada kilatan petir yang terjadi sepersekian detik. Banyak laporan awal mengklaim bahwa bola akhirnya meledak, kadang-kadang dengan konsekuensi fatal, meninggalkan bau belerang," pungkasnya.