Brilio.net - Mendengar istilah roll film, pikiran kita akan mengarah pada sebuah pita hitam yang digunakan untuk mengambil gambar momen tertentu dengan kamera analog. Tetapi apa yang terjadi di Perang Dunia II ini sungguh akan buat kamu takjub.

v-mail berbagai sumber

foto: loc.gov

Roll film yang biasanya hanya digunakan untuk keperluan dokumentasi gambar justru digunakan para prajurit Amerika Serikat untuk mengirim surat. Surat bernama V-mail (Victory Mail) ini menggunakan pita hitam yang diproduksi Kodak pada Juni 1942 dijadikan media distribusi surat, sebagaimana dikutip brilio.net dari laman Librabryofcongress, Selasa (21/3).

v-mail berbagai sumber

Loading...

foto: loc.gov

Awalnya prajurit menuliskan pesan pada sebuah kertas biasa. Kertas berisi pesan tersebut diverifikasi petugas pos untuk kemudian difoto dengan mesin.

v-mail berbagai sumber

foto: loc.gov

Ukuran tulisan yang dicetak pada pita hitam akan mengecil sesuai ukuran pita hitam.

v-mail berbagai sumber

foto: loc.gov

Setelah pesan sudah tercetak pada pita, dilakukan review terhadap pesan dengan kaca pembesar untuk memastikan tidak ada spionase dengan tinta tak terlihat atau cetakan mikro. Jika review sudah selesai, pita siap dikirim.

v-mail berbagai sumber

foto: loc.gov

Sampai di pos tujuan, pesan pada pita hitam kemudian dicetak kembali pada kertas dengan ukuran kertas yang sedikit lebih kecil saat penulis menulis pesan. Dengan V-mail, beban distribusi yang biasa memakan kargo seberat 900 kg lebih dapat diringkas menjadi 9 kg saja dan dapat dikemas dalam satu tas.-(mgg/dimas satria putra)