Brilio.net - Selain ujian nasional, siswa kelas tiga SMP maupun SMA juga bakal dipusingkan oleh ujian praktik. Ada beberapa mata pelajaran yang mewajibkan adanya ujian praktik. Salah satunya adalah mata pelajaran agama. Nah, salah satu yang diujikan dalam mata pelajaran tersebut adalah praktik tata cara menikah sesuai agama.

Tapi sungguh ada yang berbeda dengan ujian praktik yang dilakukan oleh siswa-siswa di sebuah sekolah menengah. Entah peraturan dari sekolah atau inisiatif dari murid, namun pernikahan rekayasa itu dibuat niat banget. Tak cuma mempraktikkan tata caranya sesuai agama, tapi para murid ini mendesainnya sedetail mungkin seperti pernikahan beneran.

Awalnya potret-potret ujian praktik itu diunggah oleh akun Instagram @kikiaryani di Instagram Stories. Kemudian momen tersebut diunggah ulang oleh akun Twitter @FerdhianBagas dan viral di media sosial.

ujian praktik nikah niat banget © Twitter/@FerdhianBagas

foto: Twitter/@FerdhianBagas

Loading...

Pada postingan itu terpotret siswa yang berperan sebagai mempelai pria dan wanita, penghulu, dan saksi-saksi. Ada juga yang memerankan sebagai tamu undangan yang menyaksikan proses berlangsungnya akad. Mereka juga berdandan bak orang sedang nikah dan kondangan beneran.

Terlihat mempelai pria memakai setelan jas berwarna hitam. Sementara mempelai perempuan memakai gaun warna putih. Sementara itu, tamu undangan semuanya tampil rapi mengenakan batik maupun kebaya. Sampai situ mungkin masih terlihat normal. Namun pada postingan selanjutnya, mulai terlihat keniatan para siswa.

Pada ujian praktik, dicetak juga undangan pernikahan. Selain itu, mereka juga membuat seserahan. Lalu yang paling gokil, ada cateringnya juga. Wah, niat banget!

ujian praktik nikah niat banget © Twitter/@FerdhianBagas

foto: Twitter/@FerdhianBagas

Sontak saja momen ujian praktik Pelajaran Agama Islam (PAI) itu menyita perhatian warganet. Hingga kini, cuitan akun @FerdhianBagas itu telah di-retweet sebanyak 10 ribu kali. Banyak warganet yang memuji keniatan para siswa dalam melangsungkan ujian tersebut.

"Ini mah gladi bersih nikahan," kata akun @Funyourbae.

"Pas malam pertama ada prakteknya juga gak?" tanya akun @akubukanpermen.

"Aku kira disekolah nya ada yg nikah beneran," ujar akun @ptrdania.