Brilio.net - Setiap negara memiliki tradisi unik yang dipamerkan secara rutin dari tahun ke tahun. Salah satu negara di Benua Eropa, Belgia baru saja menggelar tradisi unik. Beberapa masyarakat bekerjasama memasak ribuan telur untuk dijadikan sajian dadar raksasa.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada perayaan tahun 2017 ini muncul kasus adanya telur ayam yang terinfeksi insektisida fipronil. Beberapa negara di kawasan Eropa pun telah melakukan penarikan telur ayam dari berbagai supermarket. Dikutip dari BBC, Kamis (17/8), terdapat 15 negara di Eropa, Hongkong, dan Swiss telah menerima distribusi telur yang diduga terkontaminasi. Telur yang terkontaminasi zat pestisida ini ditemukan di peternakan Belanda dan Belgia.

Meski beberapa masyarakat merasa ketakutan dengan maraknya telur ayam terkontaminasi, tradisi unik ini tetap digelar. Acara yang telah ada sejak 22 tahun silam ini diselenggarakan oleh The World Fraternity of Knights of The Giant Omelette. Organisasi tersebut telah berdiri sejak 1973 dan rutin mengadakan acara memasak ribuan telur.

Benedicte Mathy, President of the local branch menyakinkan bahwa telur yang menjadi bahan dari pembuatan dadar raksasa ini dijamin aman dan tak terkontaminasi. Pada tahun 2017 ini, pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 10 ribu telur dan memasaknya jadi dadar raksasa. Telur dadar atau omelette ini berdiameter empat meter.

Loading...