Brilio.net - Setiap negara memiliki tradisi menyapa orang atau memberi salam dengan caranya masing-masing. Tradisi menyapa ini ternyata memiliki keunikan sendiri. Meski, semua cara ini bertujuan sama, untuk menghormati dan menghargai lawan bicara.

Nah, sebelum berkunjung ke negara tetangga, ada baiknya kamu mengetahui tradisi menyapa mereka. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 10 tradisi unik cara memberi salam dari berbagai negara, Kamis (26/5):

1. Menjulurkan lidah – Tibet



Jika di negara lain menjulurkan lidah pada orang lain adalah hal yang tidak sopan, berbeda dengan di Tibet. Tindakan ini adalah cara mereka memberi salam satu sama lain. Pada awalnya, menjulurkan lidah ke orang lain dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa lidahnya tidak berwarna hitam dan bukanlah reinkarnasi dari raja terdahulu.

2. Tiga langkah jabatan tangan – Botswana

Orang-orang di Botswana tidak sekadar melakukan jabat tangan biasa, namun ada tiga langkah yang harus ditempuh. Dimulai dengan jabat tangan biasa, kemudian gerakkan posisi tangan sedikit untuk mengunci jempol, lalu kembali jabat tangan biasa.

3. Menggesekkan hidung- Selandia Baru

Suku Maori merupakan orang-orang pribumi asli Selandia Baru yang memiliki salam tradisional yang disebut dengan Hongi, yang berarti berbagi napas kehidupan. Cara melakukan salam ini sangat unik. Dua orang yang bertemu dengan lembut menekan hidung mereka satu sama lain.

4. Membungkuk – Jepang

Jepang memang sudah terkenal akan budaya bersalaman dengan cara membungkuk. Namun ternyata membungkuk memiliki banyak jenis dan arti. Semakin orang tersebut dihormati, orang lain akan semakin membungkuk sampai sembilan puluh derajat. Jika salam dilakukan pada orang dekat atau teman, biasanya hanya berupa anggukan kecil kepala.

5. Kunik - Alaska

Salam yang biasa disebut kunik ini dipraktikkan tempat tinggal orang Eskimo di kawasan Alaska, Siberia dan sekitarnya. Salam ini sebenarnya berasal dari salam tradisional suku Inuit. Hampir mirip dengan Hongi, tradisi sapa ini juga dilakukan dengan menekan hidung dan bagian atas bibir sambil menarik napas. Bentuk salam seperti ini lebih menunjukkan rasa kasih sayang dan dilakukan antaranggota keluarga atau orang tersayang.

Kamu nggak menyangka kan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

6. Meludah – Kenya dan Tanzania

Salam paling aneh adalah yang satu ini. Suku Maasai di Kenya dan Tanzania memberi salam dengan meludah satu sama lain sebagai bentuk sopan santun yang besar. Selain itu, para pemuda suku ini juga harus meludahi tangan mereka sebelum berjabat tangan.

7. Tepuk tangan - Zimbabwe

Orang-orang di Zimbabwe akan saling menepuk tangan sebagai bentuk ucapan selamat tinggal. Laki-laki dan wanita memiliki tepukan yang berbeda, laki-laki menepuk dengan tangan lurus sedangkan wanita dengan tangan yang ditangkupkan.

8. Menekan jempol – Afrika

Di beberapa bagian di Afrika, seseorang menyalami dengan cara menekan jempol orang yang bersangkutan. Kedua tangannya digunakan dan kedua jempolnya menekan secara bersamaan.


9. Wai – Thailand

Lain dengan negara-negara lain, Thailand memiliki salam yang unik yang disebut dengan Wai. Mereka akan meletakkan tangannya seperti orang berdoa sambil sedikit menundukkan kepala. Semakin tinggi posisi tangan, maka orang tersebut semakin menghargai orang lainnya.

10. Jabat Tangan Ringan Tanpa Kontak Mata

Jika kamu hendak memberi sapaan dengan cara berjabat tangan dengan orang China, lakukanlah dengan cengkraman ringan dan tanpa banyak melakukan kontak mata. Jabat tangan gaya Barat diterima di China sebagai tanda ucapan, tetapi mereka lebih menyukai cengkraman yang ringan, dan pastikan untuk tidak membuat kontak mata saat berjabat tangan dengan mereka. Sebab menatap tegas ke mata seseorang dipandang sebagai tanda rasa tidak hormat.