Brilio.net - Baru-baru ini, ramai sosok TKW yang ditagih pihak bea cukai karena kedapatan membawa emas sebanyak 3 kilogram. Risma, TKW asal Madura yang merupakan pebisnis catering tersebut membawa oleh-oleh emas 3 kilogram. Lantaran oleh-olehnya tersebut, ia ditagih pajak oleh bea cukai sebesar Rp 360 juta.

Nilai tersebut sangat fantastis, mengingat berat logam mulia tersebut mencapai kilogram. Namun, Risma justru menanggapi hal tersebut dengan santai. Ia menganggap pajak Rp 360 juta tersebut sebagai hal yang wajar.

"Ya kalau menurut saya sih itu bukan kendala, sudah wajar karena kan peraturan itu nggak bisa banyak atau pun lebih. Sedangkan saya waktu itu (membawa) lebih atau bahkan bisa dibilang banyak, ya jadi harus bayar di tempat," ujar Risma, dikutip brilio.net dari Dream.co.id, Kamis (18/4).

Risma mengatakan jika pajak yang ditetapkan bea cukai termasuk bonus karena emas yang dipakainya tidak dihitung untuk diaudit. Meski begitu, Risma menyatakan lebih baik membeli emas di Indonesia lantaran pajak dari luar negeri sangat mahal. Membeli emas melebihi yang ditentukan, yakni 100 gram dari luar negeri akan dihitung pajak yang besar.

"Tiga ratus enam puluh (juta), karena berupa emas. Itu pun yang sudah dipakai seperti ini (di tangan), ini (di leher) sudah tidak ditimbang. Anggaplah itu bonus dari atasannya, karena saya melakukan penawaran dan minta pengurangan karena hitungannya itu per gram Rp 300 ribu," ungkapnya.

Risma bukanlah TKW biasa, melainkan merupakan pengusaha catering khusus untuk haji dan umrah di Mekkah. Ia menyajikan berbagai makanan untuk para jemaah haji, terutama bagi warga Indonesia. Ia pernah mendapatkan penghasilan sebanyak 1 miliar Riyal di Arab, jika dikalkulasikan menjadi Rp 3,8 triliun.

Nggak heran jika ia menanggapi pajak tersebut dengan santai. Risma juga memiliki rumah yang mewah di Kalimantan Barat, lho. Rumahnya megah dan mewah bak hunian sultan.

Daripada penasaran, berikut brilio.net himpun potret rumahnya dari akun TikTok @rismacatringmakka pada Kamis (18/4).

1. Seperti ini fasad rumah Risma yang memiliki atap teras dan halaman yang sangat luas dan besar.

rumah tkw asal madura © 2024 brilio.net

2. Rumah ini didesain ala European Style dengan pilar-pilar yang menyangga bangunan. Tampak chandelier yang cukup besar dan mewah menggantung sebagai dekorasi terasnya.

rumah tkw asal madura © 2024 brilio.net