Brilio.net - Foundation merupakan salah satu item makeup yang wajib dimiliki oleh para perempuan yang ingin tampil dengan riasan sempurna. Foundation mampu menyamarkan semua ketidaksempurnaan pada wajah dan memberikan tampilan halus adalah kunci makeup yang terlihat natural. Namun pemilihan foundation harus tepat dan disesuaikan dengan warna kulit.

Beauty Vlogger Heidiana Tjahjadi menjelaskan, pilihan warna foundation yang tepat bisa membuat tampilan kulit wajah lebih natural. Kalau salah, biasanya hasil penerapan foundation akan membuat warna seperti keabu-abuan. Tentunya membuat riasan jadi tak sempurna.

Rupanya, banyak perempuan yang bingung dalam memilih foundation. Menurut Heidi, ada cara mudah untuk memilih foundation yang sesuai dengan kulit wajah. Cara mudah ini adalah dengan tangkapan foto.

Pertama, sapukan atau oleskan beberapa warna foundation yang dirasa paling mendekati kulit di dekat pipi atau tangan. Lalu ambil foto dengan lalu gunakan filter black and white.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Nah nanti dari hasil foto itu akan terlihat warna mana yang paling mendekati dengan kulit kita,” ujar Heidi kepada media di Jakarta.

Selain permainan warna, pemilihan tekstur foundation juga penting. Usahakan pilih foundation yang dewy dan gunakan skin care terlebih dulu. Cara ini setidaknya bisa membantu wajah lebih lembab.

Tapi, untuk menghindari retakan, setelah menggunakan skin care, ada baiknya diamkan dulu beberapa saat. Setelah kering baru gunakan foundation.

"Penggunaan kuas atau spons juga penting. Kalau mau hasil yang lebih natural lebih naik gunakan spons (beauty blender). Kalau pakai kuas dia coverage-nya lebih full,” terangnya.

(brl/lea)