Tetapi, kamu pun bisa mencuci sepatu sendiri loh asalkan tahu triknya. Usut punya usut, sepatu dapat bersih lagi dengan bantuan 2 bahan dapur, yaitu cuka dan baking soda.

Sama seperti yang dipraktikkan oleh warganet di akun YouTube EK TV CHANEL. Warganet ini menjelaskan, triknya dapat dicoba pada sepatu putih maupun berwarna, karena tak berisiko menyebabkan kelunturan.

Kandungan asam asetat pada cuka makan bersifat antijamur dan antibakteri. Asam asetat dapat membunuh spora jamur dan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap pada sepatu. Selain itu, asam asetat juga dapat melarutkan kotoran, lemak, dan endapan air sadah yang menempel pada sepatu.

Sementara baking soda memiliki kandungan natrium bikarbonat yang bersifat basa. Natrium bikarbonat dapat menetralkan asam yang ada pada jamur dan bakteri, sehingga menghambat pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Selain itu, natrium bikarbonat juga berfungsi sebagai desinfektan dan deodoran alami yang dapat membersihkan dan menyegarkan sepatu.

bersihkan sepatu yang berjamur © YouTube

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Kali ini, ia mempraktikkan trik ini untuk membersihkan sepatu warna hitam. Bahan yang dibutuhkan selain cuka dan baking soda, yaitu detergen. Masing-masing bahan ditakar secukupnya, lalu campurkan di wadah yang diisi air.

bersihkan sepatu yang berjamur © YouTube

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Kalau semua bahan sudah rata, langsung ambil secukupnya pakai sikat gigi. Kemudian sikatkan bahan pembersih di area sepatu yang berjamur. Tak perlu menunggu lama, jamurnya mulai menghilang.

bersihkan sepatu yang berjamur © YouTube

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Langkah terakhir dalam membersihkan sepatu yang berjamur adalah membilasnya dengan air bersih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan busa yang berasal dari larutan cuka yang digunakan sebelumnya.

Busa dapat merusak sepatu jika tidak dibersihkan dengan baik. Sesekali sikat permukaan sepatu dengan lembut untuk memastikan noda jamur sudah hilang sama sekali dan dan mencegahnya tumbuh kembali.

bersihkan sepatu yang berjamur © YouTube

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Biarkan sepatu mengering di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam. Ulangi langkah-langkah di atas jika masih terdapat jamur atau bau yang menempel pada sepatu.