Brilio.net - Apa reaksi kamu ketika melihat kecoak? Pastinya sih bakal teriak-teriak karena jijik. Maklum deh kecoak merupakan serangga yang selalu hidup di tempat-tempat kotor. Pasti yang ada di benak kita, kecoak adalah serangga pembawa sumber penyakit.

Tapi tahu nggak kamu kalau dibalik anggapan itu, kecoak ternyata bisa menghasilkan susu yang khasiatnya tiga kali lebih menyehatkan dari susu sapi lho. Wow!!

Penemuan inilah yang dilansir Science Alert, Minggu (11/9). Sekelompok ilmuwan Institute of Stem Cell Biology and Regenerative Medicine di India, baru-baru ini menemukan fakta bahwa susu kecoak mengandung protein kristal yang sangat tinggi. Penemuan ini pun dinilai bisa menjadi solusi mengatasi masalah pangan di dunia di masa depan.

Susu Kecoak © 2016 brilio.net

Tuh lihat kandungan kristal yang ada dalam janin kecoak/foto: insidehook.com

Loading...

"Susu kecoak bisa dijadikan suplemen yang kaya protein. Jika Anda membutuhkan makanan yang berkalori tinggi, susu kecoak adalah makanan yang lengkap. Susu ini sangat stabil dan dapat menjadi suplemen protein yang fantastis," papar pemimpin penelitian, Subramanian Ramaswamy.

Dalam hasil penelitian yang diterbitkan IUCrJ, jurnal International Union of Kristalografi, para peneliti juga mengungkapkan bahwa susu kecoak empat kali lebih bergizi dibanding susu sapi. Kandungan ini pun dinilai sebagai makanan sempurna yang bisa dijadikan solusi ditengah krisis pangan di dunia.

"Protein kristal ibarat makanan sempurna karena mengandung protein, lemak, dan gula. Jika Anda melihat urutan proteinnya, juga mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh," ungkap angota peneliti lainnya, Sanchari Banerjee, dalam sebuah wawancara dengan Times of India.

Susu Kecoak © 2016 brilio.net

Uniknya, kecoak jenis ini bukannya bertelur lho, tapi melahirkan/foto: healtminds.in

Namun, tak semua kecoak memiliki kandungan tersebut. Hanya kecoak jenis diploptera punctate belang yang bisa memproduksi zat protein kristal. Kecoak jenis ini juga berbeda dibanding kecoak yang sering kita jumpai. Kecoak jenis ini tidak bertelur tetapi melahirkan. Saat mengandung anak-anaknya diketahui kecoak jenis ini bisa memompa susu yang mengandung kristal protein untuk memberi makan bayinya. Sebelum ada penemuan ini, kerbau menduduki peringkat teratas dalam daftar hewan yang memproduksi susu dengan protein paling berkalori. Nah kamu mau mencoba?