Brilio.net - Kartun atau film animasi sudah menemani momen masa kecil banyak orang sejak puluhan tahun lalu. Kini, tontonan yang biasanya tayang pada Minggu pagi ini sudah semakin berkualitas, baik dari segi visual dan cerita.

Nggak heran kalau akhirnya sekarang banyak anak kecil yang penasaran dengan dunia animasi dan bercita-cita menjadi animator. Untuk menjawab rasa keingintahuan dan melatih skill yang dimiliki si kecil, para orang tua bisa memanfaatkan momen ini dengan belajar bikin animasi.

Momen belajar bikin animasi di rumah makin seru karena Kelas Kreatif HP datang lagi dengan tema Kelas Animasi bersama Kak Robby Hardian dari HelloMotion Academy. Berlangsung pada Sabtu (31/10) kemarin secara virtual via Zoom, acara ini merupakan rangkaian kelas yang diselenggarakan HP Indonesia untuk mendukung orang tua dan anak agar tetap kreatif selama di rumah dengan bantuan teknologi.

Dalam sesi kelas virtual itu, Kak Robby berbagi banyak tips dan teknik-teknik menggambar animasi. Penasaran seperti apa keseruan Kelas Animasi bareng Kak Robby Hardian? Yuk, simak langsung di bawah ini!

Belajar teknik dasar menggambar animasi.

Serunya belajar animasi bareng HelloMotion Academy di Kelas Kreatif HP berbagai sumber

foto: Istimewa

Menjadi animator tidak hanya asal pintar menggambar. Menurut Kak Robby, animasi itu bukan sekadar bergerak, tapi juga hidup dan memiliki nyawa. Untuk itu, penguasaan teknik dasar jadi hal penting.

Kak Robby menjelaskan, secara umum ada tiga metode atau teknik menggambar animasi. Teknik pertama adalah tradigital atau gabungan tradisional dan digital. Teknik ini masih memanfaatkan gambar manual buatan tangan yang digunakan untuk konten 2D.

Lalu ada teknik stopmotion yang menggunakan kamera digerakkan lalu difoto, misalnya film Shaun The Sheep. Terakhir, teknik dengan komputer yaitu animasi yang diproduksi secara 3D seperti serial Upin Ipin.

 

Serunya menggambar animasi dengan teknik tradigital.

Serunya belajar animasi bareng HelloMotion Academy di Kelas Kreatif HP berbagai sumber

foto: Istimewa

Setelah menjelaskan teknik dasar menggambar animasi, Kak Robby mengajak para peserta belajar bikin animasi dengan teknik tradigital, yaitu menggambar dulu frame by frame. Ada beberapa alat yang dibutuhkan, seperti smartphone, tablet atau laptop, dan aplikasi yang menunjang proses belajar.

Kali ini Kak Robby mengajak peserta menggunakan Wick Editor, sebuah aplikasi web based yang mudah digunakan untuk membuat animasi. Aplikasi ini juga nggak perlu diinstal karena bisa diakses di mana saja selama ada koneksi internet.

Selanjutnya, Kak Robby mengajarkan cara akses dan fungsi tool yang ada di dalam Wick Editor. Dari sekian banyak tool, menurut Kak Robby yang paling penting adalah brush. Lewat instruksi secara virtual, Kak Robby pun mulai mengajak para peserta belajar menggambar animasi.

Meski dilakukan secara virtual, proses belajar tetap berjalan efektif. Terlebih saat itu Kak Robby menggunakan laptop HP Pavilion x360 dan HP Active Pen yang memudahkan proses menggambar selama kelas virtual. Lalu dengan mode tablet pada laptop HP Pavilion x360, Kak Robby pun lebih mudah menggambar sesuka hati secara nyaman. Kak Robby juga menceritakan pada kelas ini, bagaimana kemudahan yang diberikan teknologi seperti di HP Pavilion x360 banyak membantunya menunjang kreativitas dan produktivitas selama di rumah.

 

Tips jadi animator andal ala Kak Robby.

Serunya belajar animasi bareng HelloMotion Academy di Kelas Kreatif HP berbagai sumber

foto: Istimewa

Bukan hanya mengajarkan cara menggambar animasi, Kak Robby juga berbagi banyak tips. Salah satunya untuk mereka yang ingin menjadi animator harus kuat menggambar karena film-film animasi 2D biasanya menggunakan ratusan frame gambar.

Kak Robby menambahkan, pemilihan teknologi laptop yang mumpuni ternyata juga menunjang hasil karya. Khususnya bagi mereka yang belajar bikin animasi dengan laptop.

"Sekarang laptop sudah semakin bagus. Laptop yang canggih juga menunjang karya kita, seperti laptop HP Pavilion x360 yang saya pakai ini. Ini layarnya touchscreen. Jadi sebenarnya nggak perlu pakai stylus, pakai jari saja juga bisa untuk menggambar," papar Kak Robby.

Di akhir kelas, Kak Robby memberikan tips bagaimana cara agar konsisten belajar bikin animasi dan tetap produktif di rumah dengan memanfaatkan teknologi.

"Sekarang ini sudah banyak teknologi yang mendukung kita berkarya dan produktif. Harus tetap berkarya dan berkreasi dengan teknologi yang ada. Bisa manfaatkan laptop untuk berkarya lalu upload. Ini yang paling penting, karena kita sekarang ada di eranya kalau punya karya nggak di-upload itu sayang banget. Ini juga bisa jadi semangat tersendiri buat adik-adik," tambah Kak Robby.

Keseruan sesi Kelas Kreatif HP: Kelas Animasi bersama Kak Robby Hardian dari HelloMotion Academy bikin nambah semangat belajar skill baru di rumah. Buat yang ketinggalan keseruannya jangan khawatir, Kelas Kreatif HP akan kembali hadir pada Sabtu, 7 November 2020 mendatang dengan tema Kelas Video Editing. Biar nggak ketinggalan, pastikan pasang alarm di kalender, ya!

Maksimalkan momen belajar di rumah agar jadi pengalaman yang asyik dan menyenangkan, dengan berbagai solusi belajar di rumah oleh HP. Kunjungi store.hp.com untuk berbagai promo belajar dari rumah dari HP. Jangan ketinggalan juga ikutan Kelas Kreatif HP: Kelas Membuat Video untuk Tugas Sekolah bersama HelloMotion Academy pada Sabtu (7/11) mendatang. Kamu bisa klik di sini untuk mendaftar.