Brilio.net - Sudah menjadi tugas fotografer atau videografer olahraga untuk merekam kegiatan lomba atau turnamen yang berlangsung. Ini bukan tugas ringan, mereka harus mendapatkan gambar yang bagus tanpa mengganggu para atlet lari yang sedang berlomba.

Seperti itulah yang dirasakan oleh seorang mahasiswa asal Universitas Datong di Provinsi Shanxi, Cina Utara. Melansir dari Twitter @SCMPNews, Minggu (29/5), mahasiswa itu ditugaskan sebagai juru kamera lari pendek 100 meter. Untuk mendapatkan momen lomba tersebut, sang mahasiswa berlari di luar lintasan dekat dengan peserta.

Ketika aba-aba lomba terdengar, juru kamera tersebut langsung berlari mendahului para pelari. Dia merekam sambil berlari dengan menjaga jarak sekitar 1 meter lebih cepat dibanding para peserta.

juru kamera lomba lari © YouTube

foto: YouTube/South China Morning Post

Selain harus merekam, juru kamera tersebut harus membawa satu kamera berbobot lebih dari 4 kilogram dengan satu tangan. Agar hasil rekamannya bagus, dia bahkan berlari sambil menghadap kamera.

Juru kamera yang menggunakan jaket hoodie dan celana jeans itu berhasil mengalahkan pelari lain dan berada di garis finish terlebih dahulu. Rekaman ini seketika menjadi viral di media sosial. Beberapa warganet bahkan menyebut sang juru kameralah juara yang sebenarnya.

"Para atlet tidak dapat memenuhi syarat sebagai juru kamera sehingga mereka harus menjadi pelari," kata seorang warganet.

"Kameramen: Saya bisa saja berkompetisi tetapi saya memutuskan untuk melayani tujuan yang lebih tinggi," timpal lainnya.

Video ini lucunya mirip sekali dengan sebuah iklan minuman berenergi untuk olahraga. Dalam video bertajuk "Powerade Commercial - Olympic cameraman wins gold" itu juga memperlihatkan juru kamera yang sampai di garis finish dan mendapat medali emas di perlombaan lari.