Brilio.net - Tinggal menghitung hari seluruh umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ya, Lebaran jadi momen yang ditunggu-tunggu untuk bisa berkumpul bersama keluarga. Apalagi tahun ini pemerintah membolehkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Selain berkumpul bersama keluarga, momen Lebaran juga dijadikan para keluarga untuk menikmati liburan. Beberapa destinasi wisata di kampung halaman mereka kunjungi untuk melepas kerinduan.

Namun bagi masyarakat Jakarta yang tidak mudik, tak perlu khawatir. Banyak keseruan yang bisa kamu nikmati. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke event Hafiz Hafizah Mecca Adventure. Event ini merupakan wisata edukasi Haji 3D Interaktif Pertama di Indonesia.

Event eksklusif Hafiz Hafizah Mecca Adventure yang diadakan di Atrium Lobby Utama Mall Gandaria City mulai 21 April hingga 16 Mei 2022. Kamu bisa mengajak keluarga serta anak-anak untuk mendapatkan pengalaman bagaimana rasanya pergi haji secara detail. Tapi bukan simulasi haji atau manasik haji yang biasa kamu lihat loh.

Hafiz Hafizah Mecca Adventure © foto: Hafiz Hafizah Mecca Adventure

Pertama kali di Indonesia, wisata kelas dunia ini menggunakan teknologi 3D interaktif berkualitas internasional. Nantinya, kamu dan buah hati bisa berinteraksi dengan karakter animasi Hafiz dan Hafizah. Dua karakter ini akan menuntun pengunjung untuk memahami tata cara berhaji secara menyenangkan.

Cendekiawan Muslim dan Pakar Ulumul Qur'an, DR. KH. Ahsin Sakho Muhammad, M.A mengatakan tujuan menggelar event ini untuk mengenalkan kepada anak-anak agar merasakan seakan-akan mereka berada di Mekkah.

"Mereka (anak-anak) akan melihat cara melaksanakan Tawaf dan sebagainya dengan cara yang menyenangkan, hal itu akan membekas menjadi pengalaman yang baik untuk anak-anak," ujar Ahsin kepada media baru-baru ini.

Ahsin menambahkan akan ada tujuh ruangan yang menyuguhkan pengalaman berbeda dengan durasi 5 menit setiap ruangan. Dimulai dari simulasi bagaimana membeli tiket pesawat di loket dan menunggu di waiting room bertema bandara. Di sini pengunjung bisa menunggu sambil menonton animasi Hafiz & Hafizah.

Hafiz Hafizah Mecca Adventure © foto: Hafiz Hafizah Mecca Adventure

"Ketika gilirannya tiba, pengunjung diarahkan ke ruangan berikutnya untuk melakukan simulasi menaiki pesawat sambil melihat cerita bagaimana Nabi Adam dan Siti Hawa bertemu. Kemudian di ruang-ruang selanjutnya pengunjung bisa melakukan simulasi bagaimana melempar jumrah hingga memutari Kabah," tuturnya.

Tak sampai di situ, pengunjung juga bisa belajar tentang ibadah Sa'i serta bagaimana air zam-zam tercipta yang ditemani karakter Hafiz dan Hafizah.

"Wahana ini tentunya mampu memberikan pengalaman religi menyenangkan di tengah gempuran konten-konten negatif. Pengunjung juga dapat membeli pernak-pernik dan merchandise official Hafiz & Hafizah sebagai kenang-kenangan," jelasnya.

Bagi yang penasaran dan ingin membahagiakan sang buah hati dengan cara berbeda, kamu bisa membeli tiket Hafiz Hafizah Mecca Adventure di Loket.com atau datang secara langsung ke lokasi dengan biaya Rp 100.000 untuk anak dan Rp 75.000 untuk pendamping. Event ini berlangsung setiap hari mengikuti jam operasional mall.

Seperti yang diketahui, Hafiz dan Hafizah adalah salah satu karakter animasi populer di kalangan anak-anak. Mereka adalah penghafal Al-Quran yang dididik ayahnya yang juga seorang ustadz. Meski tak memiliki ibu, sang ayah berhasil menumbuhkan rasa cinta dalam menghafal Al-Quran untuk kedua anaknya. Hafiz dan Hafizah berfokus untuk menampilkan keindahan Islam.

Karakter ini juga sudah mendunia. Cerita Hafiz dan Hafizah telah tayang di banyak negara termasuk Kanada dan Amerika Serikat. Animasi ini juga hadir di Youtube dan bisa ditonton setiap hari Minggu pukul 12.00 WIB melalui channel Hafiz & Hafizah.