Dilansir brilio.net pada dari video yang dibagikan akun TikTok @encik.mastermind, Rabu (29/3), seorang pria terlihat berdiri sendirian di atas sajadah untuk mengumandangkan azan dengan cara dan irama sendiri. Dalam video yang dibagikan, terlihat seorang pria yang berpenampilan dengan rambut gimbal panjang dan diikat rapi bersiap mengumandangkan azan.

Adzan langgam Hawaii TikTok

foto: TikTok/@encik.mastermind

Jemaah salat pun tampak sudah bersiap-siap menunaikan salat. Mereka tampak duduk rapi di setiap saf. Menurut keterangan video, momen itu terjadi di sebuah surau di Hawaii. Azan unik pria itu ketika didengar dan diamati jelas terdengar seperti azan tradisional yang unik dari budaya masyarakat di Hawaii, seperti yang diklaim dalam video.

Adzan langgam Hawaii TikTok

foto: TikTok/@encik.mastermind

"Azan versi Hawaii. Semoga Allah menerima azan yang sangat cantik ini," tulis caption dalam video yang telah ditonton warganet sebanyak 8,2 juta kali itu.

Namun, tidak disebutkan secara jelas di mana lokasi tepatnya dan siapa pria yang mengumandangkan azan tersebut. Meski begitu, pemilik akun TikTok @encik.mastermind mengagumi lantunan azan yang dikumandangkan oleh pria berjenggot tersebut. Menurutnya, cara azan pria dalam video sangat unik karena menunjukkan keberagaman Islam.

Adzan langgam Hawaii TikTok

foto: TikTok/@encik.mastermind

Unggahan berdurasi 2 menit 6 detik itu hingga kini menjadi viral di media sosial dan telah banyak pula dikomentari para warganet. Bahkan ada yang berkomentar irama azan khas Hawaii ini disebut mirip dengan langgam Jawa.

"Islam sudah menyebar ke semua penjuru dunia. Tak terkecuali di tengah Samudera Pasifik, Kepulauan Hawaii," tulis pemilik akun @iceng.geu dalam komentarnya.

"Setiap negara punya logat yang mempengaruhi irama azan jadi berbeda-beda. Yang versi Hawaii enak," imbuh akun @ujokkkk77.

"Nadanya sekilas mirip langgam Jawa. Kayak azannya mbah-mbah jaman dulu," ujar pemilik akun @biskuit.11.

"Semoga abang (muadzin dalam video) bisa berangkat ke Makkah dengan mengajak keluarganya. Aamiin," kata akun @oktogacor mendoakan.

"Kayak azan jamanku kecil dulu. Belum pakai pengeras suara," kata akun @ajik_selo.

 

@encik.mastermind

Azan versi Hawai. Semoga Allah terima azan yang sangat cantik ini

- Ali Dawud