Brilio.net - Api obor Asian Games 2018 telah sampai di Yogyakarta pada hari Selasa (17/7). Api ini dinyalakan langsung dari India dan dibawa ke Yogyakarta dengan menggunakan pesawat terbang. Di pesawat, api ini pun tetap dibiarkan menyala. Dengan menggunakan alat khusus bernama tinder box, api ini tetap aman meski dibawa menggunakan transportasi udara.

Tradisi baru yang diterapkan pada Asian Games ini adalah dengan menyalakan api langsung dari India. Biasanya, api dinyalakan di tempat negara penyelenggara. Sejak Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, api obor dinyalakan di Chand National Stadium karena di situlah Asian Games pertama kali diselenggarakan.

penampakan panggung obor asian games © Twitter-foto: Twitter/@ioaindia

Setelah diinapkan satu hari di Museum Dirgantara Mandala, api ini akan digabungkan dengan api abadi Mrapen dari Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Proses penggabungan tersebut akan dilaksanakan di halaman Candi Prambanan, Yogyakarta malam ini, Rabu (18/7).

Untuk itu telah disiapkan panggung megah di kawasan Candi Prambanan. Berdasarkan foto-foto yang beredar di media sosial, panggung ini terlihat simpel namun tetap terlihat megah. Apalagi latar belakang panggung adalah pemandangan Candi Prambanan yang terlihat sangat gagah.

Loading...

penampakan panggung obor asian games © Twitter-foto: Twitter/@giewahyudi

Ditambah dengan suasana malam serta lampu-lampu, dijamin penggabungan api Asian Games ini bakalan super meriah. Selain itu, akan ada konser yang diselenggarakan untuk menambah semaraknya acara ini nanti malam.

penampakan panggung obor asian games © Twitter-foto: Twitter/@giewahyudi

Buat kamu yang sedang tidak berada di Yogyakarta, jangan sedih, karena kabarnya acara yang ditunggu-tunggu ini bakalan disiarkan oleh beberapa televisi swasta dan nasional.

penampakan panggung obor asian games © Twitter-foto: Twitter/@HaloMif

Obor Asian Games 2018 diarak melalui 50 kota di 18 provinsi Indonesia. Tujuan akhirnya adalah Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Dilanjutkan dengan upacara pembukaan Asian Games pada Sabtu, 18 Agustus, mendatang. Wah, jadi makin nggak sabar, nih!