Brilio.net - Pernah membayangkan potongan kue yang dibuat pada 1981 masih bertahan hingga hari ini? Jelas ini suatu yang begitu menakjubkan. Yap, kue itu merupakan kue pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana. Menariknya kue yang sudah tidak layak konsumsi itu berhasil dilelang seharga £1,850 atau sekitar Rp 36,9 juta pada Rabu (11/8).

Kue itu telah berusia 40 tahun. Lapisan gula putih tebal yang dihiasi dengan lambang kerajaan terjual lebih dari tiga kali lipat dari harga yang diminta yaitu £300 atau Rp 5 juta hingga £500 atau Rp 9 juta.

Potongan kue pernikahan Pangeran Charles & Lady Diana Instagram

foto: bbcnews

"Kami kagum dengan jumlah orang yang ingin menawar bagian besar dan unik dari royal cake icing ini," kata juru lelang Chris Albury, spesialis memorabilia kerajaan di Dominic Winter Auctioneers di Cirencester, Inggris barat seperti dilansir brilio.net dari straitstimes.com, Kamis (12/8).

"Ada banyak pertanyaan dari penawar, sebagian besar di Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara di Timur Tengah," sambungnya.

Potongan kue pernikahan Pangeran Charles & Lady Diana Instagram

foto: bbcnews

Namun yang berhasil mendapatkan potongan kue tersebut adalah Gerry Layton, seorang penyewa kapal mewah, yang telah memberikan wasiatnya bahwa kue itu beserta harta warisannya akan digunakan untuk amal setelah kematiannya.

"Saya selalu menjadi seorang monarki dan saya telah melihat gaun pengantin di Istana Kensington," kata Layton.

"Saya pikir saya ingin menambahkannya ke tanah saya, yang akan digunakan untuk amal setelah kematian saya. Saya harus memikirkan cara untuk menghentikan diri saya dari mencoba memakannya," candanya.

Menurut informasi dari straitstimes.com, kue itu awalnya diberikan kepada Moyra Smith, yang bekerja untuk ibu Ratu Elizabeth II di kediamannya Clarence House di pusat kota London.

Potongan kue pernikahan Pangeran Charles & Lady Diana Instagram

foto: bbcnews

Setelah kematian Ms Smith, keluarganya menjualnya di rumah lelang yang sama pada tahun 2008 seharga £1.000 kepada seorang kolektor pribadi, yang sekarang telah menjualnya dan mendapatkan keuntungan besar.

"Tampaknya kondisinya sama persis seperti saat pertama kali dijual, tapi kami menyarankan untuk tidak memakannya," kata juru lelang.

Kue tetap seperti yang disimpan Ms Smith, dibungkus dengan cling film dalam kaleng kue yang dia beri label "Pegang dengan hati-hati" dan tertanggal 29 Juli 1981, hari pernikahan.

Potongan kue pernikahan Pangeran Charles & Lady Diana Instagram

foto: bbcnews

Juru lelang mengatakan potongan itu berasal dari kue bertingkat yang disajikan kepada staf di Clarence House, tempat Smith bekerja di dapur.

Selain kue pengantin utama, ada sekitar 22 kue lainnya yang disajikan oleh produsen untuk acara kerajaan. Potongan kue pernikahan Charles dan Diana masih sering dijual dan peminatnya masih begitu tinggi, meski hubungan rumah tangga pasangan ini berakhir pada 1996.