Brilio.net - Siapa sih yang nggak tahu poster? Poster sudah nggak asing lagi bagi setiap orang. Pasalnya, poster banyak dijumpai di berbagai tempat yang ramai dan strategis. Karena poster berisi sekumpulan informasi atau imbauan yang dapat diketahui oleh publik.

Poster memiliki sifat yang mengajak, menjadikan poster sering digunakan untuk media iklan. Tujuan dari pembuatan poster ini biasanya untuk kepentingan promosi pemasaran, seperti yang kamu jumpai pada pusat perbelanjaan.

Namun lebih dari itu, poster juga dapat disesuaikan dengan kemauan atau kepentingan dari pembuatnya. Bisa untuk komersial, informasi publik atau tujuan kemanusiaan lainnya. Seperti halnya imbauan-imbauan penting memakai masker, cara cuci tangan, dan lain sebagainya yang menjadi pengingat untuk dilaksanakan.

Berikut ini, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/2), inilah pengertian poster beserta jenis, fungsi, dan cirinya.

1. Pengertian poster menurut para ahli.

Poster adalah apa? © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasangan di tempat umum biasanya berupa pengumuman atau iklan.

Dalam buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster yang merupakan karya Widhayani Arrie, menerangkan pengertian poster dari beberapa ahli seperti berikut ini.

a. Sudjana dan Rivai (2002:51), poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti dalam ingatan.

b. Zanu, poster merupakan gambar-gambar yang dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian, sedikit menggunakan kata-kata, dicetak pada sehelai kertas atau bahan lain yang ditempelkan pada tempat tertentu.

c. Ekokasih (2017), poster adalah tulisan atau plakat yang dipasang ditempat-tempat umum, berupa pengumuman yang berisi pesan atau imbauan untuk masyarakat.

d. Rohani (1997:76-77), poster merupakan gagasan yang dicetuskan dalam bentuk ilustrasi gambar yang disederhanakan yang dibuat dalam ukuran besar, bertujuan untuk menarik perhatian, membujuk, memotivasi atau memperingatkan pada gagasan pokok, fakta atau peristiwa tertentu.

2. Jenis poster.

Poster adalah apa? © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Jenis poster berdasarkan isinya:

a. Poster layanan masyarakat, poster ini berisikan tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti halnya poster layanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

b. Poster niaga, poster ini berisi tentang menjual dan mempromosikan suatu jasa yang dijual oleh perusahaan.

c. Poster kegiatan, poster ini berisi tentang informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, dengan harapan supaya kegiatan tersebut dapat diketahui banyak orang dan setiap orang dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.

d. Poster pendidikan, poster ini berisikan tentang informasi yang memberikan pengarahan dan pendidikan kepada setiap orang.

Jenis poster berdasarkan tujuannya:

a. Poster propaganda, poster ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat umum.

b. Poster kampanye, poster ini berisikan untuk menarik simpati orang banyak agar saat pemilu masyarakat dapat memilihnya.

c. Poster permintaan, poster ini berisikan mencari orang atau benda yang diperlukan, misalnya mencari orang hilang, atau lowongan pekerjaan.

d. Poster film, berisikan film-film terbaru yang akan ditayangkan. Tujuannya supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.

e. Poster komersial, poster ini berisikan mempromosi produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan.

f. Poster kegiatan atau acara, poster ini berisikan iklan suatu acara, biasanya berbagai acara publik dari balapan sampai teater dapat diiklankan dengan poster.

3. Fungsi poster.

Poster adalah apa? © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

a. Fungsi poster sendiri untuk menyampaikan informasi.
b. Sebagai media promosi barang ataupun jasa.
c. Sebagai sarana bagi para desainer grafis untuk berkreativitas.

4. Ciri-ciri poster.

Poster adalah apa? © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Memahami poster nggak hanya dengan pengertian atau jenisnya, lebih dari itu juga kamu perlu mengetahui ciri-ciri dari poster. Nah, berikut ciri-ciri poster yang perlu diperhatikan.

a. Poster berisi gambar dan tulisan atau kalimat yang sesuai.
b. Poster menggunakan bahasa yang padat, singkat, jelas dan mudah dipahami.
c. Tulisan atau kalimat poster persuasif atau bersifat ajakan.
d. Letak antara gambar dan tulisan atau kalimat dalam poster sesuai (proposional).
e. Poster dipasang pada permukaan yang rata dan di lokasi yang strategis atau tempat umum.
f. Poster terdiri dari huruf angka, simbol, gambar atau perkombinasiannya.
g. Biasanya didesain disebuah kertas atau kain.