Brilio.net - Ada yang menarik saat Playfest 2019 digelar selama dua hari, 24-25 Agustus 2019 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno. Layaknya sebuah festival kreatif yang menyajikan berbagai hiburan mulai dari instalasi seni hingga panggung musik, sudah bisa dipastikan disambangi anak-anak muda.

Sudah menjadi kelaziman juga di setiap acara festival, selain soal sampah, kebiasaan penonton menghisap produk tembakau alias rokok di sela-sela acara juga dengan gampang dijumpai.

Tapi tidak demikian di ajang Playfest 2019. Banyaknya tanda larangan merokok yang diletakkan di hampir setiap spot yang ada, ternyata membuat penonton yang kebanyakan anak muda sadar lho. Jika ingin merokok, mereka langsung menuju smoking area yang disediakan di luar arena festival.

Playfest © 2019 brilio.net

Ini menjadi satu bukti, anak muda bisa koq taat aturan dan punya toleransi untuk mereka yang tidak merokok. Apalagi festival ini juga dikunjungi banyak pasangan muda yang membawa balita. 

Loading...

“Aturan ini demi kenyamanan semua pengunjung, khususnya yang tidak merokok dan mereka yang membawa anak,” ujar Dahlia Citra Buana selaku chief of MCN sekaligus co-founder Narasi.

Langkah ini mendapat apresiasi dari banyak pengunjung yang bisa menikmati talkshow dan konser musik bebas asap rokok. Selain bebas rokok, acara ini juga punya cara keren mengatasi persoalan sampah. Maklum, sudah menjadi pemandangan lumrah, dalam setiap festival pasti menyisakan tumpukan sampah.

Biasanya pihak penyelenggara hanya mengumpulkan sampah yang menggunung untuk kemudian dibuang ke tempat pembuangan sementara sebelum nantinya diangkut ke tempat pembuangan akhir.

Playfest © 2019 brilio.net

Nah di Playfest 2019, setiap sampah yang terkumpul di tempat sampah akan diolah dan dimanfaatkan kembali. Koq bisa? Narasi TV sebagai penyelenggara Playfest 2019 telah menyediakan 22 titik tempat sampah di sepanjang venue untuk menampung sampah plastik, organik dan anorganik selama acara berlangsung.

Nantinya, sampah organik akan diolah dengan teknik black soldier fly, sedangkan untuk residu atau sampah yang tidak dapat didaur ulang akan disalurkan kepada mitra pengelola sampah residu untuk dijadikan bahan bakar.

Cara ini bisa dilakukan setelah penyelenggara Playfest 2019 menggandeng Waste4Change. Tak heran jika Playfest 2019 merupakan festival ramah lingkungan. Keren kan!