Brilio.net - Salah satu benda yang paling berharga di kehidupan sehari-hari adalah uang. Barang ini merupakan alat tukar yang sah untuk digunakan membeli berbagai kebutuhan mulai dari yang primer hingga tersier. Maka wajar kalau setiap hari semua orang seakan berlomba mencari uang sebanyak-banyaknya.

Namun, bagaimana jika uang yang berharga itu tiba-tiba dihancurkan dan menjadi sampah? Pasti pemandangannya bakal miris banget nggak sih?

Hal ini nyatanya terjadi dalam rekaman video yang viral baru-baru ini. Sebuah video yang diunggah oleh akun Tiktok @tanduria.co itu memperlihatkan sejumlah karung berwarna putih diisi dengan uang senilai Rp 1,5 miliar.

Penampakan uang Rp1,5 miliar jadi sampah TikTok

foto: TikTok/@tanduria.co

Usut punya usut, tumpukan karung sampah uang diketahui berada di Bank Indonesia yang berlokasi di Malang.

"Sampah uang 1,5 miliar dibuang begitu saja," tulis caption di postingan tersebut dikutip brilio.net, Jumat (24/5).

Namun, uang di dalam karung tersebut bukanlah uang utuh, melainkan uang yang sudah dihancur leburkan sehingga tidak bisa lagi dipakai untuk membeli barang. Uang tersebut hanya berbentuk sobekan-sobekan kecil yang kemudian di-press menjadi padat.

Penampakan uang Rp1,5 miliar jadi sampah TikTok

foto: TikTok/@tanduria.co

Uang-uang tersebut dikelompokkan dalam berbagai jenis. Mulai dari pecahan kertas Rp5 ribuan, Rp20 ribuan, Rp50 ribuan, bahkan sampai Rp100 ribuan. Semua uang tersebut sudah tak berbentuk dan menjadi sampah.

“Karung-karung ini adalah tumpukan sampah uang Rp1,5 miliar. Ini beneran uang Rp1,5 miliar yang jadi sampah,” ucap pria yang merekam video tersebut di akun @tanduria.co.

Menurut keterangan pemilik video, alasan mengapa uang-uang tersebut dihancurkan adalah, uang yang dihancurkan hanyalah uang rusak dan sudah tidak layak digunakan untuk transaksi.

Penampakan uang Rp1,5 miliar jadi sampah TikTok

foto: TikTok/@tanduria.co

Oleh karena itu, agar tidak semakin banyak uang yang dimusnahkan karena sudah tidak layak pakai, BI meminta masyarakat untuk mencintai uang mereka dengan tidak merusaknya seperti meremas, melipat, dan membasahi uang tersebut.

“Di sana kita juga dijelaskan tentang campaign Bank Indonesia yang mendorong kita buat cinta rupiah,” kata pria yang merekam video.

“Tapi cinta rupiah di sini maksudnya adalah kita dihimbau untuk menjaga uang kita. Seperti jangan dilipat, jangan diremas, kena air, dan lain-lain biar nggak jadi sampah,” lanjutnya.

Penampakan uang Rp1,5 miliar jadi sampah TikTok

foto: TikTok/@tanduria.co

Dalam video dijelaskan, kalau tumpukkan sampah uang ini cukup berguna untuk dijadikan kompos. Namun pemilik video mengaku merasa sayang kalau sampah uang ini malah dijadikan pupuk kompos.

"Selaku urban garden melihat tumpukan sampah itu biasanya refleknya langsung pengen ngompos loh. Tapi ini kok kayak sayang ya brader," ujar pemilik video.

Video penampakan sampah uang inipun membuat warganet penasaran hingga telah ditonton sebanyak 1,3 juta kali. Banyak warganet yang berandai-andai jika punya uang sebanyak itu, mereka akan menggunakannya untuk berbagai hal.

"Itu sampahnya dihitung kiloan atau nominal uangnya mas? Hahaha," tulis akun @masrisal_.

"Rp 1,5 M aja segitu. Gimana kalau Rp 271 Triliun ya," kata akun @anggapamungkastia.

"Rp 1,5 M bisa buat beli tanah, malah dirusakin," tulis akun @damay690.

"Pernah ketemu tumpukan ini pas lagi bongkar muatan di tempat pembuangan akhir, mana mobil angkutannya bagus-bagus lagi. Rasanya sayang banget pengen buang dan pengen disambung-sambungin lagi aja itu uang," kata akun @maulanalutfi15.

@tanduria.co sampah uang 1,5 miliyar dibuang begitu saja #tanduria suara asli - tanduria