Brilio.net - Menyetok beberapa bahan makanan sudah menjadi kebiasaan ibu-ibu rumah tangga. Alasannya agar menghemat waktu dan biaya tentunya. Mereka tidak perlu setiap hari keluar rumah untuk membeli kebutuhan dapur atau makanan.

Makanan yang sering distok di lemari es adalah daging, ayam, seafood, dan beberapa jenis lainnya. Namun, menyimpan jenis daging dalam jumlah banyak dan terlalu lama di lemari es akan membuat kualitas rasanya berkurang. Sehingga, kebanyakan ibu rumah tangga membeli secukupnya, agar ketika di masak daging masih segar.

Tidak hanya kualitas rasa saja yang berkurang, daging yang dimasukkan ke dalam wadah lalu disimpan di lemari es, akan membeku dan butuh waktu lama untuk mencairkannya. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan seperti dilansir brilio.net dari siakapkeli.my, Selasa (5/10).

Tips menarik ini dibagikan oleh pengguna akun Facebook Firda Ashaary. Pada kesempatan itu Firda sharing kepada ibu-ibu lainnya di grup Facebook, bagaimana membuat daging tetap segar dan mudah dicairkan.

Di grup Masakan Berpuaka di Facebook, Firda mengatakan barang basah perlu disimpan dalam plastik ziplock agar mudah dicairkan.

"Saya dulu suka menyimpan semua stok daging ini dalam wadah tertutup. Terlepas dari Tupperware atau Tulipware. Kebetulan hari itu saudara tetangga datang dan mengobrol. Dia bertanya bagaimana saya menyimpan barang basah, lalu saya memberi tahu dia," tulis Firda.

Tips menyimpan daging dengan plastik ziplock Facebook

foto: Facebook/Firda Ashaary

Firda pun menjelaskan bagaimana selama ini dia menyimpan makanan-makanan basah tersebut. "Setelah dicuci, siap dipotong, saya akan memisahkan porsi makanan dan meletakkannya di wadah tertutup. Kemudian masukkan ke dalam freezer. Terlihat lucu saja diatur," katanya.

Mendengar hal itu saudaranya pun memberikan komentar mengenai bagaimana cara Firda menyimpan makanan.

"Ohhh KakFida, betapa sederhananya aku? Kita simpan dalam plastik," ujar saudaranya.

"Apakah plastiknya menempel di lemari es?" tanya Firda.

Saudaranya itu pun menjelaskan, bahwa menyimpan di dalam plastik akan lebih mudah mencairkan daging yang beku. Firda pun mengungkapkan akan mencoba tips dari saudaranya itu.

Keesokan harinya Firda seperti biasanya menata makanan-makanan ke dalam kulkas. Setelah memotong semuanya, dia memasukkannya ke dalam plastik ziplock dan menata tepi dinding kulkas dengan rapi.

"Saya merebus paru-paru dengan baik sebelum memotongnya tipis-tipis dan menyimpannya. Nanti masak, angkat dan rendam di air panas saja," katanya.

Tips menyimpan daging dengan plastik ziplock Facebook

foto: Facebook/Firda Ashaary

Setelah itu dia pun mencoba melepaskan daging yang disimpannya di dalam plastik ziplock tadi, dengan merendamnya ke dalam air. Firda pun tak menyangka, ternyata memang mudah mencair dan kualitas daging masih segar.

"Tips ini bagus karena rasa dan manisnya daging tidak hilang. Tetap di sana, terjebak dalam plastik," pungkas Firda.

keyword: Tips menyimpan daging dengan plastik ziplock

(brl/pep)