Brilio.net - Sebagai pengendara yang baik, sudah sepatutnya kita menjalankan tata tertib berlalu lintas. Tak hanya sebagai bentuk kedisiplinan, hal itu juga perlu dilakukan demi keselamatan bersama.

Untuk mengatur para pengendara di jalan raya agar tetap tertib, para anggota kepolisian diterjunkan. Bukan sekadar mengawasi para pengendara, keberadaan polisi juga penting untuk mengatur lalu lintas agar tetap lancar. Di sisi lain, tak sedikit pengendara yang masih saja bandel dengan tidak tertib saat berlalu lintas.

Tindakan-tindakan tidak tertib seperti tak mamakai helm hingga menerobos rambu lalu lintas merupakan contoh pelanggaran saat berlalu lintas. Untuk mempertanggungjawabkan tindakan tak terpuji tersebut, tak jarang polisi menilang para pengendara motor yang tak tertib. Tindakan tersebut dilakukan agar para pelanggar lalu lintas merasa jera.

Tapi tahukah kamu, dalam sejumlah momen, sejumlah polisi melakukan cara yang tak biasa dan unik ketika menilang pelanggar lalu lintas. Cara-cara unik tersebut pun kemudian tersebar secara viral di media sosial. Tak jarang, para anggota kepolisian mendapat beragam pujian dari warganet atas aksi uniknya itu.

Seperti apa? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (3/9), yuk simak lima kisah unik polisi tilang pelanggar lalu lintas berikut ini.

Loading...

1. Melompat ke jok belakang motor.

Baru-baru ini viral di media sosial yang memperlihatkan aksi unik polisi saat menilang pemotor yang kedapatan terjebak di busway. Dalam video yang diunggah akun Twitter @TMCPoldaMetro, seorang polisi berlari dari kejauhan untuk mendatangi pemotor yang melanggar aturan itu.

Namun, cara polisi ini berlari dan menilang bikin warganet salah fokus. Pada mulanya, anggota polisi ini berlari dengan terpincang-pincang. Setelah mendekati sang pemotor yang membelakanginya, ia pun lompat ke jok belakang motor itu dan langsung duduk di sana. Akhirnya pengendara motor itu tak punya pilihan lain untuk ikut keluar busway sambil membonceng polisi tersebut. Aksi polisi tersebut banyak mendapat pujian dari warganet. Bahkan, politisi Prabowo Subianto pun memberikan pujian lewat akun Twitternya

2. Naik ke atas kap mobil.

Pada akhir Juli lalu, beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan aksi seorang polisi ketika menilang pengendara mobil. Polisi yang mengejar pengendara mobil yang hendak kabur itu bahkan sampai terbawa naik ke kap mobil itu.

Pada akhirnya, pengemudi bandel tersebut menghentikan kendaraannya. Usut punya usut, polisi tersebut ialah Brigadir Natan Doris, anggota Polrestabes Bandung. Atas aksi heroiknya, ia sampai mendapat apresiasi dan penghargaan.

3. Pura-pura jadi patung.

Cara polisi dari kepolisian Sidoarjo, Jawa Timur saat menilang pengendara ini tak kalah unik. Pada awalnya, mereka meletakkan sebuah patung polisi di sebuh ruas jalan agar para pengendara lalu lintas berlaku tertib. Namun, setelah mengetahui yang berjaga hanya sebuah patung, pengendara roda dua kembali melakukan pelanggaran.

Untuk menangkap pelanggar, seorang polisi akhirnya menyamar menjadi patung. Tak butuh waktu lama, polisi yang dikira patung itu secara tiba-tiba hidup dan memergoki pengendara yang tengah melakukan pelanggaran.

4. Bayar tilang pakai hafalan Alquran.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SalingSapa TV (@salingsapaid) on

Cara polisi ini menilang pengendara tak kalah unik. Diunggah oleh akun Instagram @salingsapaid, Senin (24/6), tampak seorang polisi menilang sebuah mobil. Belum diketahui pelanggaran apa yang dilakukan mobil ini. Meski demikian, polisi ini bernegosiasi dengan penumpang yang ada di mobil tersebut yang dikabarkan salah satunya adalah hafiz.

Polisi ini berjanji akan melepaskan dari sanksi tilang jika, salah satu dari penumpang mobil tersebut bisa melantunkan surat Al Fajr. Akhirnya cowok yang duduk dibelakang mulai melantunkan ayat demi ayat sampai selesai.

Sesuai janji, polisi ini benar-benar melepaskan pengendara tersebut dari sanksi tilang. Meski seharusnya menurut Undang-Undang Lalu Lintas, pengendara yang melanggar harus disanksi dengan kurungan ataupun denda. Meski demikian, aksi polisi ini banyak menuai pujian dari warganet.

5. Pura-pura jadi pencuci kaca mobil.

aksi unik polisi tilang © 2019 brilio.net

foto: nzherald.co.nz

Tak hanya di Indonesia, aksi unik polisi ketika menilang pengendara juga terjadi di Victoria, Australia. Dilansir dari liputan6.com yang melansir nzherald.conz, satuan polisi Victoria merazia pengemudi yang bermain HP dengan berpura-pura sebagai pembersih kaca mobil. Salah satu daerah yang ditempati polisi yaitu persimpangan di Nunawading, Melbourne. Aksi polisi yang menyamar ini juga sempat tertangkap kamera pengemudi mobil dan membagikannya ke akun media sosial Facebook dan menjadi viral.