Sebagai sesama manusia, tentu kita harus saling berbagi satu sama lain. Bersedekah menjadi salah satu cara untuk saling berbagi. Sebab sedekah dengan sesama merupakan amalan yang dicintai Tuhan. Bahkan disebut sebagai ibadah yang istimewa dan mampu menghapus dosa.

Terkadang, membahagiakan orang lain tidak harus dalam bentuk uang. Berbagi berupa jasa dan kebaikan pun sudah sangat berarti. Untuk dapat bersedekah kita juga tidak perlu menunggu menjadi kaya raya terlebih dahulu.

Seperti yang dilakukan salah satu sopir angkot ini misalnya. Ia rajin sedekah kepada sesama dengan caranya sendiri.

Selama seharian penuh, ia tak mau menerima bayaran dari para penumpang. Selain itu, terdapat pengumuman yang ditulisnya dan jadi sorotan.

Dilansir brilio.net dari akun TikTok @jennay05_ pada Rabu (30/6), seorang sopir angkot yang tak mau disebutkan namanya ini tengah viral di media sosial. Ia seakan menjadi teladan dengan aksi sedekahnya.

@jennay05_

subhanallah ##fyp ##angkot ##fyp

original sound - fighting

Selama seharian, sang sopir tidak mau menerima bayaran. Ia menggalakkan sedekah Jumat dengan kampanye 'Jumat Barokah Gratis' di mobilnya.

Kisah sedekah supir angkot © TikTok/@jennay05_

foto: TikTok/@jennay05_

"Jadi tiap aku berangkat kerja selalu naik angkot. Kaget pas ada tempelan itu 'Jumat barokah gratis'," tulisnya dalam keterangan badan video. Awalnya si pemilik akun tidak percaya.

Bila selama seharian tidak menerima pemasukan, lantas bagaimana dengan setorannya?

Tak disangka, ternyata benar, sopir tersebut tidak memungut biaya sama sekali.

"Lalu ada penumpang baru naik. Beliau adalah ibu-ibu paruh baya. Eh beneran dong si ibu itu waktu sampai di tujuan enggak boleh bayar ," sambungnya.

Cerita pengalaman si pemilik akun berlanjut. Saat dirinya sampai di tujuan, sempat memaksa sang sopir menerima upah. Tapi tetap saja ditolak.

"Bahkan saat saya sudah sampai di tujuan itu nggak boleh bayar meskipun sudah saya paksa. Padahal penumpang waktu itu lumayan banyak. Begitu konsisten buat bersedekah," tulisnya.

Kondisi angkot yang ramai, tak menyurutkan niat baik sang sopir. Ia tetap memberi tumpangan gratis di hari Jumat.

"Subhanallah..mari kita doakan semoga bapak sopir sekeluarga diberikan rejeki berlimpah. Aamiin ," pungkasnya.

Kisah sedekah supir angkot © TikTok/@jennay05_

foto: TikTok/@jennay05_

Video unggahan tersebut pun viral dan membuat banyak warganet terharu. Banyak yang mendoakan agar si bapak sopir itu selalu sehat dan terus dilancarkan rezekinya.

"MasyaAllah lancar terus rezekinya pak," tulis @mufwa14.

"Kata siapa sedekah nunggu kaya. Salut banget bapak semoga makin kancar rejekinya yaa ," tulis @kisahsemangat.

"Banyak cara dan jalan kalau mau sedekah, enggak harus nunggu kaya, yang penting niat dan kemauan untuk sedekah," tulis @hanayuhana12.

"Iya, sodakoh bukan hanya uang, tenaga juga termasuk ibadah ," tulis @dinomerahserbabisa17.

"MasyaAllah, definisi kaya yang sesungguhnya," tulis @alpaca_0412.

"Mudah-mudahan kebaikan saudara, Allah lipat gandakan hingga Allah ganti nyata untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin," tulis @ahmad_mujahid.

Sekadar diketahui, dalam ajaran Islam, sedekah memang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, terdapat hari baik yang dianjurkan kepada para muslim untuk bersedekah, yaitu pada hari Jumat.

Hal tersebut tertuang dalam hadist riwayat Abi Syaibah, "Sedekah itu dilipatgandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain."

Hari Jumat adalah hari yang paling utama dan berkah dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Pada hari itu Rasulullah meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah.

Dalam kitab Zadul Ma'ad Ibnul Qoyim, beliau menganjurkan setiap muslim untuk memberikan sedekah sebelum sholat Jumat tanpa sepengetahuan orang lain.

"Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila beliau berangkat Jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan dengan diam-diam," katanya.

(brl/red)