Brilio.net - Di tengah masa pandemi corona seperti ini banyak sekali pahlawan tanpa jubah yang turun tangan untuk membantu sesama. Seperti salah seorang guru di Grimsby, Inggris. Dia adalah Zane Powles, seorang asisten kepala sekolah dan guru di Sekolah Dasar di Grimsby Barat.

Zane Powles berjalan sejauh 5 mil setiap harinya untuk mengantarkan makanan gratis untuk murid-muridnya. Sekolah tersebut sebenarnya memiliki staf pengantar makanan, namun mereka harus mengantarkan makanan tersebut ke murid-murid yang lokasinya jauh.

Guru jalan 5 mil bagikan makanan  Twitter

foto: QuickTake by Bloomberg via Twitter/@zaneyteacher

Makan siang gratis ini diberikan kepada anak-anak yang rentan dan mungkin kesulitan makan selama lockdown. Melalui sebuah wawancara eksklusif oleh BBC, Zane Powles mengatakan "Ketika kebijakan lockdown diberlakukan, dia menjadi memikirkan kondisi murid-muridnya. Bagaimana dengan makanan gratis dari sekolah? Apa mereka tidak akan bisa memakannya setiap hari? Jadi aku memutuskan memetakan dan mengirimkan makanan itu setiap hari."

Loading...

Zane Powles menganggap apa yang dilakukan olehnya bukan sesuatu yang luar biasa. Dia merasa bahwa ini adalah tanggung jawabnya untuk menjaga murid-muridnya tetap selamat. "Seperti yang sudah ku katakan, aku hanya menjalankan tugasku tapi dengan cara yang berbeda."

Zane mengantarkan setidaknya 78 makanan ke rumah-rumah muridnya dengan berjalan kaki. Dalam satu hari dia bisa menghabiskan waktu dua jam untuk membagikan makanan. Zane Powles juga menyusun sendiri kantung makanan yang akan dibagikan.

Aksi Zane tentu saja mengundang apresiasi dari banyak orang. Mereka kagum dengan apa yang dilakukan oleh Zane di tengah pandemi corona seperti sekarang. Pujian datang dari warganet lewat postingan di Twitter. Dukungan dan pujian juga datang dari anaknya, Jai Powles. Dia mengunggah berita tentang ayahnya yang membagikan makanan kepada muridnya dengan berjalan kaki.

Guru jalan 5 mil bagikan makanan  Twitter

foto: Twitter/@zaneyteacher

Untuk aksinya yang mengagumkan, Zane Powles mendapatkan penghargaan Golden Apples dari Grimsby Telegraph untuk Guru Sekolah Dasar Paling Menginspirasi.