Brilio.net - Ketika Ramadhan, banyak amalan yang dapat dilakukan oleh seorang muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya di bulan suci tersebut. Salah satu amalan yang bisa dikerjakan saat bulan Ramadhan yakni berdzikir. Dzikir adalah salah satu ibadah supaya seseorang senantiasa ingat kepada Allah.

Dzikir dianggap sebagai kunci ketenangan dan kebahagiaan hidup di dunia serta kesejahteraan di akhirat kelak. Dzikir bisa dilakukan kapan saja dan dalam keadaan apapun, langsung dengan lisan ataupun mengucap di dalam hati. Dzikir memiliki banyak keutamaan terutama jika dibaca setiap hari di bulan Ramadhan. Nabi Muhammad sebagai suri tauladan umat muslim selalu mengamalkan dzikir setiap hari.

Dengan berdzikir, kita tak hanya dijanjikan pahala namun juga diberi kemudahan dalam setiap masalah yang kita hadapi dalam kehidupan. Dalam surat Al Ahzab ayat 41, Allah berfirman:

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

Yaa ayyuhallaziina aamanuzkurullaaha zikrang kasiiraa

Loading...

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya."

Dalam Alquran juga dijelaskan bahwa waktu utama untuk berdzikir adalah pagi dan petang, sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Ahzab ayat 42-43.

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

Wa sabbihuhu bukrataw wa asiilaa

Artinya:

"Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang"

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

Huwallazii yusallii 'alaikum wa malaa'ikatuhu liyukhrijakum minaz-zulumaati ilan-nur, wa kaana bil-mu'miniina rahiimaa

Artinya:

"Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman."

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan.

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk dzikir di bulan Ramadhan, sebenarnya tidak ada ketentuan khusus. Hanya saja, bila kita membaca dzikir di bulan Ramadhan maka pahalanya akan dlipatgandakan. Tak hanya itu kita juga akan mendapatkan keutamaan dari bacaan zikir yang kita baca sepanjang bulan Ramadhan. Keutaman tersebut yakni sebagai berikut.

1. Dikelilingi malaikat.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

Jika ada suatu kaum yang duduk untuk berdzikir kepada Allah ‘Azza wa jalla, niscaya para malaikat akan mengelilingi mereka, mereka pun diliputi rahmat, dan diturunkan ketenangan jiwa untuk mereka. Dan Allah pun menyebut mereka kepada orang-orang yang berada di sisi-Nya.” (HR. Muslim, At-Tirmidzi, dan Ahmad)

2. Diberi kebaikan berkali lipat.

Sebagaimana dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i dari hadist Abu Ayyub Al-Abshari RA, bahwa Rasulullah menyebutkan apabila seseorang membaca dzikir berikut sebanyak 10 kali:

"Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu."

3. Diingat oleh Allah.

Orang yang senantiasa berdzikir di bulan Ramadhan maka akan selalu diingat oleh Allah. Allah akan mengingat orang yang selalu mengingat asama-Nya. Sebagaimana tercantum dalam Al Baqarah ayat 152, Allah berfirman:

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

Fazkurunii azkurkum wasykuru lii wa laa takfurun

Artinya:

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku."

4. Menjadi penghuni surga.

Sebagaimana dalam sebuah hadits Rasulullah menjelaskan bahwa seorang muslim yang mengucapkan dzikir maka ia akan menjadi penghuni surga. Dari Syaddad bin Aus RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya, "Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari)

5. Dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah.

Setiap manusia pasti tidak terlepas dari khilaf. Untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat, sebaiknya kita harus memperbanyak berdzikir. Dengan begitu Allah akan membuka pintu ampunan-Nya dan memberikan pahala untuk kita. Sebagaimana dalam surat Al Ahzab ayat 35, Allah berfirman:

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

Innal-muslimiina wal-muslimaati wal-mu`miniina wal-mu`minaati wal-qaanitiina wal-qaanitaati was-saadiqiina was-saadiqaati was-saabiriina was-saabiraati wal-khaasyi'iina wal-khaasyi'aati wal-mutasaddiqiina wal-mutasaddiqaati was-saa`imiina was-saa`imaati wal-haafiziina furujahum wal-haafizaati waz-zaakiriinallaaha kasiiraw waz-zaakiraati a'addallaahu lahum magfirataw wa ajran 'aziimaa

Artinya:

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar."

6. Diberi ketenangan hati.

Barangsiapa yang senantiasa berdzikir satiap hari, terutama di bulan Ramadhan maka akan diberi ketenangan hati. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ar-Ra'd ayat 28 yang berbunyi:

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

Allaziina aamanu wa tatma`innu qulubuhum bizikrillaah, alaa bizikrillaahi tatma`innul-qulub

Artinya:

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

7. Allah bersama orang yang berdzikir.

Seorang muslim yang senantiasa mengingat Allah dengan berdzikir, maka Allah akan selalu bersamanya. Sebagaimana dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

"Aku bersama sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku bersamanya jika dia menyebut-Ku. Jika dia menyebut-Ku dalam dirinya, aku pun menyebutnya dalam Diri-Ku. Dan apabila dia menyebut-Ku di hadapan orang banyak, Aku pun menyebutnya di hadapan orang-orang yang lebik baik dari mereka." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Amalan dzikir di bulan Ramadhan.

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus untuk berdzikir di bulan Ramadhan, namun ada beberapa amalan dzikir yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan untuk mendapat pahala yang berlipat ganda seperti dzikir saat melihat hilal, dzikir saat berbuka puasa, dzikir setelah sholat witir, dan berdzikir saat malam lailatul qodar.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Ahzab ayat 41, Allah meminta umatnya yang beriman untuk senantiasa menyebut namanya dengan berdzikir bahkan hingga sebanyak-banyaknya.

Keutamaan berdzikir di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

Yaa ayyuhallaziina aamanuzkurullaaha zikrang kasiiraa

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya."