Brilio.net - Tugas merawat dan mengurus orang tua adalah kewajiban bagi semua anak. Apalagi jika memiliki orang tua yang umurnya sudah lanjut usia dan sedang dalam keadaan sakit. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk bakti anak kepada orang tua. Seperti kisah yang baru-baru ini viral dan diunggah di akun Instagram @habarbanuakalimantan yang menunjukkan perjuangan seorang kakek tua sedang berjualan kerupuk untuk membiayai ibunya yang sedang sakit.

Dalam video yang berdurasi satu menit tersebut tampak seorang kakek yang usianya sudah tergerus oleh waktu, namun tetap semangat berjualan demi mengais pundi-pundi rupiah. Sang kakek tersebut memakai kopiah serta setelan batik celana kain panjang dengan tumpukan kerupuk di sampingnya yang terlihat masih cukup banyak. Dia duduk di pinggir jalan sembari menunggu pembeli.

Kakek 60 tahun ini tetap jualan kerupuk demi pengobatan ibu yang sakit Instagram

foto: Instagram/@habarbanuakalimantan

"Contoh bakti anak kepada ibu yg tiada batas usia" tulis keterangan dalam video.

Kemudian salah seorang pria datang bersama mobilnya menghampiri si kakek tersebut.Dia pun berdiri saat diminta membawakan kerupuk jualannya kepada sang pembeli.

"Itu semua berapa pak?," tanya pembeli sekaligus perekam video penuh haru.

"Ini Rp 30 ribu." timpalnya.

Namun, diluar dugaan kakek tersebut, pembeli sekaligus perekam video ini ternyata membeli semua dagangan sang kakek. Usai menghitung semua dagangannya, kakek tersebut terlihat kebingungan lalu mengatakan jika semua kerupuknya dapat dibeli seharga Rp 200.00.

Kakek 60 tahun ini tetap jualan kerupuk demi pengobatan ibu yang sakit Instagram

foto: Instagram/@habarbanuakalimantan

"Semuanya Rp 200 ribu," jawab pria paruh baya itu sembari tersenyum bahagia.

Selanjutnya pria di balik rekaman video kembali bertanya kepada si kakek mengenai uang dari jualan kerupuk akan digunakan untuk apa. Dan ternyata jawaban sang kakek bikin menyayat hati. Bagaimana tidak, pria yang berusia 64 tahun itu berjualan demi membantu sang ibu yang sedang sakit.

"Duitnya untuk ibu saya yang masih ada. Ibu usia 80an," ucap bapak penjual kerupuk.

Pria yang mengaku berasal dari Palembang itu membuktikan bahwa berbakti kepada orang tua itu tidak ada batas usia. Apalagi jika orang tua sudah dalam keadaan lanjut usia dan sakit-sakitan.

Kakek 60 tahun ini tetap jualan kerupuk demi pengobatan ibu yang sakit Instagram

foto: Instagram/@habarbanuakalimantan

Karena hal tersebut video menjadi viral, dan hingga saat ini, Minggu (26/6) seperti yang brilio.net lansir dari akun Instagram @habarbanuakalimantan telah dilihat sebanyak 18,4 ribu kali dan menuai 18 komentar beragam dari warganet. Ada yang terharu dengan perjuangan sang kakek hingga mendoakan akan selalu diberikan kesehatan dan dimurahkan rezekinya.

"Subhanallah masya allah kek nangis hati ngeliat gitu." tulis akun @naadiahel__

"semoga berkah pa.. dunia wal akhirat dan yg menonton video ini terketuk juga hatinya begitu juga dgn sy semoga di permudah segalanya Amiin." komentar akun @sanabel_boutiquebjb

"Semangat trus kek, sehat sllu dan semoga rejeki si kakek dan sibapak ini lncr sllu...aamiin yaa Allah." doa pemilik akun @mama_mustakim

"sehat2 bpak penjual dan yg ksih duit smoga rzeki nya sma2 dilancarkan Aamiin." komentar pemilik akun @azzkhf.k98

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by habarbanuakalsel (@habarbanuakalimantan)

(brl/pep)

(brl/pep)