Brilio.net - Untuk menghasilkan sebuah logo ternyata butuh proses yang tak biasa. Tak hanya mendesain, sebagian logo juga memunculkan ikon pada logo itu. Seperti pria tua pada logo Kentucky Fried Chicken (KFC) misalnya.

Tak hanya KFC, ada banyak logo terkenal di dunia yang menggunakan ikon sehingga butuh proses yang berbeda. Dari banyak logo terkenal itu, berikut 5 sosok di balik logo terkenal dunia yang dilansir brilio.net dari TwistedSifter, Rabu (14/9).

1. Logo Leo the Lion pada Metro-Goldwyn-Mayer.

SOSOK DI BALIK LOGO TERKENAL DUNIA © 2016 brilio.net

Sosok asli: Singa bernama Jackie

Loading...

Para pecinta film Hollywood pasti tak asing dengan Leo the Lion yang merupakan maskot dari studio film Metro-Goldwyn-Mayer.

Singa bernama asli Jackie yang dilatih oleh Me Koontz adalah singa kedua yang digunakan sebagai logo MGM. Suaranya yang mengaum selalu dimunculkan pada lebih dari 100 film produksi MGM. Suaranya pertama kali muncul pada film White Shadows in the South Seas (1928).

2. Poster rekrutmen Perang Dunia II di Amerika.

SOSOK DI BALIK LOGO TERKENAL DUNIA © 2016 brilio.net

Sosok asli: Walter Botts

Kamu pasti familier dengan poster itu kan? Nama Uncle Sam atau Paman Sam melekat pada Amerika. Paman Sam merupakan sebutan untuk Samuel Wilson yang dulu merupakan pejuang negaranya. Paman Sam dianggap sebagai tokoh teladan, wiraswasta yang bekerja keras dan cinta tanah airnya.

Sosok Paman Sam itu lalu dibuat oleh seorang ilustrator James Montgomery Flagg sebagai poster perekrutan. Ia meniru poster perekrutan Inggris Lord Kitchener dengan gaya menunjuk (foto kiri atas).

Awalnya James Montgomery Flagg menggunakan wajahnya sendiri. Tapi ia lalu memperbaiki dengan menggunakan tetangganya, Walter Botts sebagai modelnya. Sosok itu pun terkenal dan menjadi ikon hingga saat ini.

3. The Gerber Baby.

SOSOK DI BALIK LOGO TERKENAL DUNIA © 2016 brilio.net

Sosok asli: Ann Turner Cook

Pada tahun 1928, perusahaan besar Gerber mengadakan kontes untuk menemukan wajah bayi yang cocok menjadi ikon produk makanan mereka untuk bayi. Seniman Dorothy Hope Smith memasukkan sketsa dari seorang bayi bermata cerah, rambut kusut, dan bibir ke depan. Seniman itu mengatakan dalam entrinya jika ia akan menyelesaikan sketsa kasar itu jika ia memenangkannya. Tapi pihak perusahaan malah jatuh cinta dengan sketsa kasar itu.

Gerber mengadopsi foto itu sebagai merek dagang pada taun 1931. Ia muncul pada setiap produk Gerber. Identitas bayi itu dirahasiakan selama 40 taun hingga akhirnya pada tahun 1978 terungkap jika yang dibuat sketsa adalah bayi tetangga Dorothy Hope Smith bernama Ann Turner Cook.

4. Wanita dalam foto Columbia Pictures.

SOSOK DI BALIK LOGO TERKENAL DUNIA © 2016 brilio.net

Sosok asli: Jenny Joseph

Kamu juga tentu familiar dengan Production House Amerika Columbia Pictures itu kan? Torch lady itu muncul pertama pada 1928, empat tahun setelah didirikannya Columbia Pirtures pada 1924. Pada 1992, seniman Michael J. Deas diminta untuk memperbarui logo Columbia. Ia lalu menciptakan lukisan minyak yang akhirnya dijadikan animasi. Ia menggunaan Jenny Joseph sebagai modelnya.

5. Logo KFC.

SOSOK DI BALIK LOGO TERKENAL DUNIA © 2016 brilio.net

Sosok asli: Kolonel Harland David Sanders

Kolonel Harland David Sanders (9 September 1980 - 16 Desember 1980) adalah seorang pengusaha Amerika yang merupakan pendiri restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC). Selain sebagai pemilik, ia juga dijadikan maskot restoran itu.

Sejak dibuat, logo itu sudah diubah beberapa kali hingga menjadi logo yang sekarang ada.