Brilio.net - Klaster vila yang berada di Chiang Mai, Thailand ini sulit ditemukan duanya di tempat lain. Kompleks berisi enam vila mewah yang disebut The Sanctum ini benar-benar istimewa. Nggak cuma mewah, The Sanctum dilengkapi dengan sistem keamanan tertinggi bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya. Vila ini bahkan mampu melindungi penghuninya dari serangan bom nuklir.

Terletak sekitar 7 mil dari Bandara Chiang Mai, The Sanctum dibangun di zona sabuk hijau yang berdekatan dengan taman nasional. Pemilihan lokasi ini sekaligus membuatnya tidak akan pernah dekat dengan pembangunan kompleks lainnya. Sehingga, properti ini benar-benar menawarkan privasi tinggi bagi penghuninya.

vila teraman forbes

Penampakan The Sanctum dari atas/foto: forbes

Sang arsitek merancang bangunan ini dengan perhitungan tinggi akan faktor keamanan, kenyamanan, dan privasi dengan memposisikannya menghadap belakang sehingga memberi ruang luas. Klaster ini juga dilengkapi dinding hijau setinggi 22 kaki mengelilingi kompleks.

Loading...

Perancang vila ini, Sheldon Augustyn, bersama dengan seorang Arsitek Thailand yang membuatnya sesuai dengan peraturan dan memberikan sentuhan akhir pada proyek tersebut. Sheldon mengatakan, "Konsep Sanctum ini unik. Visi kami mematuhi tiga konstituen penting: Keamanan, Keberlanjutan, Kemewahan," kata dia dikutip dari forbes, Sabtu (19/8). "Thailand adalah tempat yang sangat aman, sekarang juga. Masa depan selalu berubah, dan kami ingin dipersiapkan jika tidak begitu aman. Tapi bagaimanapun, kami merasa bahwa rumah Anda adalah istana Anda, dan istana Anda harus aman bukan? Jadi kami mendesain villa mewah yang sangat aman, tanpa menggunakan bar sedap dipandang mata pada jendela. Kami tidak ingin tinggal di penjara. "

vila teraman forbes

Penampakan The Sanctum dari depan/foto: forbes

Setiap vila dibangun dengan dinding yang kuat karena memakai beton bertulang baja, dan struktur tahan gempa. Vila-vila tersebut juga memanfaatkan tenaga surya untuk mengurangi dampak lingkungan, dilengkapi busa untuk isolasi atap, sistem ventilasi alami, dan penghijauan yang baik.

vila teraman forbes

Kamar mandi The Sanctum/foto: forbes

Dinding eksterior menggunakan perekat kapur hidrolik, dan pigmen bumi terintegrasi sehingga menghilangkan kebutuhan akan cat. Sebagai obat kapur, ia menyerap CO2 dan mengeras menjadi batu gamping untuk menciptakan eksterior yang mudah dipelihara. Dinding interiornya terbuat dari tanah liat alami yang tidak akan pernah membutuhkan lukisan.

vila teraman forbes

Kamar tidur The Sanctum/foto: forbes

Vila ini dilengkapi sistem irigasi, pengolahan kompos, dan kebun buah. Desain jendela dibikin menghadap ke lautan dan taman tropis. Setiap vila juga dilengkapi dengan spa, gym, kolam renang, dan home theater, serta bak perendaman luar dengan perapian bio-alkohol berdampingan dengan kamar tidur. Interior dapur menggunakan konsep dapur batu dari desainer Italia Minotticucine. Seluruh kontrol rumah melalui smartphone atau iPad.

vila teraman forbes

Ruang keluarga The Sanctum/foto: forbes

Sisi yang menakjubkan dari vila ini adalah fitur keamanan canggih yang terdapat di setiap vila. Semua kaca jendelanya antipeluru. Selain itu juga dilengkapi dengan tempat perlindungan canggih jika terjadi serangan. Bahkan, tempat perlindungan itu bisa membuat penghuninya tetap aman meski diserang bom nuklir.

vila teraman forbes

Bagian dapur The Sanctum/foto: forbes

Vila-vila juga memiliki ruang panik yang unik yang dapat digunakan sebagai kantor pribadi dan dibangun di kamar tidur utama, lengkap dengan dinding beton bertulang serta atap pelarian. Fitur keamanan canggih lainnya meliputi, sistem deteksi IR untuk memantau perimeter, sistem alarm terpusat yang memantau properti, sensor cahaya gerak, sistem CCTV dengan monitor di dalam vila dan di tablet pemiliknya. Bahkan gerbang masuk ke vila itu terbuat dari baja padat dengan jala logam, sementara pintu garasi berjalan pada hidrolika yang terbuat dari baja dan jala.