Brilio.net - Hampir dua minggu gelaran Asian Games 2018 berjalan. Selama itu pula, beragam pertandingan di berbagai cabang olahraga telah digelar. Sebagian besar para atlet yang menjadi pemenang pun telah menerima medali penghargaan. Kamu yang sedari awal mengikuti jalan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut pasti sudah tahu siapa saja atlet Indonesia yang berhasil membawa pulang medali untuk Tanah Air.

Sayangnya, ada salah satu hal penting yang banyak diluputkan dari perhatian sebagian besar masyarakat Indonesia, yakni logo yang melekat di kaus para atlet. Tommy Bernadus, melalui akun Twitter-nya pun menjelaskan perihal logo tersebut.

Jika dicermati secara saksama, logo tersebut berbentuk menyerupai perisai talawang yang dipakai oleh Suku Dayak. Konon, perisai yang terbuat dari kayu ulin ini memiliki kekuatan magis di mana orang yang membawanya dapat menjadi kuat dan lebih bersemangat.

makna logo © 2018 brilio.net

foto: timindonesia.id

Lebih jauh, dalam perisai berwarna hitam dan merah tersebut terdapat 2 elemen berupa api berwana kuning serta obor berwana merah dan putih. Sekilas, tampak sekali bahwa obor tersebut berbentuk menyerupai angka 3. Dari sini terlihat bahwa obor tersebut bermaksud merepresentasikan sila ke-3 Pancasila, yakni persatuan Indonesia.

Tak hanya sampai di situ, obor tersebut juga menggambarkan semangat para atlet yang berjuang meraih gelar juara demi mengharumkan nama bangsa. Sementara itu, Api yang terletak di bagian atas melambangkan tujuan perjuangannya, yakni meraih medali emas.

Gimana, ternyata keren kan makna di balik logo kaus atlet Indonesia?