Brilio.net - Seperti diketahui, sampai saat ini buku Iqra masih menjadi satu cara efektif untuk membaca Alquran. Buku ini merupakan jenis teks karya KH As'ad bin Humam yang digunakan komunitas Muslim di Indonesia untuk mempelajari dasar pemahaman huruf Bahasa Arab dan pelafalannya.

Buku ini disebut telah digunakan dari generasi ke generasi untuk untuk mempelajari huruf Bahasa Arab ataupun membaca Alquran. KH As'ad Humam, seorang kiai asal Yogyakarta. Tak banyak yang tahu karena KH As'ad Humam bukan termasuk dalam jajaran kiai terkenal di Jawa, namun sumbangsihnya terhadap perkembangan daya baca Alquran pada anak begitu besar.

Tapi ternyata, metode Iqra buatan KH As'ad Humam ini mendapat respons positif dari masyarakat. Banyak para peneliti yang memberi penilaian sempurna untuk metode Iqra yang dikenal sederhana dan sangat mudah dipelajari. Selanjutnya penggunaan Iqra mulai berkembang luas ke seluruh penjuru Indonesia bahkan sampai Malaysia.

Dari sekian banyak kata dan huruf di dalamnya, rupanya ada kata tersembunyi yang bisa dirangkai menjadi satu kalimat dalam buku tersebut. Meski ditulis dalam huruf Arab, tetapi kalimat tersebut memiliki arti dalam Bahasa Indonesia.

Kata tersembunyi ini dibagikan oleh akun Twitter @AhmadGozali pada (6/1) lalu. Pemilik akun mengunggah sebuah foto yang menampilkan halaman 15 dari buku Iqra jilid 2. Pada bagian bawah buku terdapat dua baris yang berisi delapan kata.

"The Iqro Code: pelajaran tersembunyi di balik belajar baca Quran," tulis pemilik akun dalam kolom keterangan pada unggahannya, seperti dikutip brilio.net pada Kamis (30/1).

 



Ada pun delapan kata tersebut adalah Mana, Kala, Saya, Kaya, Maka, Sahaja, Sahaja, Saja. Di mana jika kata-kata tersebut digabungkan menjadi kalimat "Mana kala saya kaya, maka sahaja-sahaja saja."

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 3.800 kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar. Tak sedikit warganet yang baru tahu tentang kalimat bijak tersembunyi dalam buku Iqro.

Warganet pun sontak mengomentari hal tersebut. Ada yang penasaran dan membuktikannya langsung. Ada pula yang hanya tertawa dengan emoticon ngakak.

"Kok gw baru tau yak?? Jgn2 pas TPA dulu halaman ini ke skip...Astaghfirullah...," tulis akun @SadmokoHP.

"ee iyaa bener masyaAllah," tambah akun @alyasaviraaa.

"curiga di lembaran buku iqra berikutnya ternyata lirik lagu," tutur akun @docturnal_.

"Baru iqro 2 udah pengen kaya," ujar akun @mamang_dokuy.

"dari baru belajar iqro udah di suruh kaya nih," timpal akun @aprillikha.