Brilio.net - Pernahkan terbesit di pikiran kalian untuk bisa berlibur ke Korea Utara (Korut)? Wah kalau bagi sebagian orang yang demen liburan nih, kayaknya untuk liburan ke Korut bisa masuk ke dalam kategori traveling ekstrem. Ya nggak?

Memang nggak salah sih, apalagi jika kita mengingat kalau Korut memang negara yang sangat tertutup dengan dunia luar. Jadi nggak banyak informasi yang beredar mengenai apa saja yang ada di dalamnya kecuali satu yaitu berita mengenai politik dan pengembangan senjata nuklir seperti yang media selama ini gembor-gemborkan.

Padahal, negeri Komunis ini mulai terbuka dengan wisatawan dari luar negeri lho! Ya walaupun banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara ini. Selain aturan tertulis seperti aturan memotret, terbang melalui maskapai penerbangan Goryeo, atau hormat kepada pemimpin, rupanya ada aturan tak tertulis yang harus kamu perhatikan. Salah dikit, bisa-bisa kamu nggak bisa pulang lho! Seperti apa sih? Yuk simak di bawah ini seperti dilansir dari kpopherald, Selasa (5/9).

1. Berhati-hati ketika menyebutkan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

4 aturan liburan korut © 2017 brilio.net

Loading...

foto: nyt.com

Sama halnya dengan Korea Selatan yang menyatakan bahwa seluruh semenanjung Korea adalah teritori mereka, yang artinya Korsel tidak pernah secara resmi mengakui Pyeongyang sebagai sebuah pemerintahan berdaulat, Korea Utara juga tidak mengakui adanya Korea Selatan dan justru menyebut wilayah musuhnya sebagai 'Nam-Joseon' atau Joseon Selatan).

Di beberapa perusahaan tur wisata bahkan berpesan dalam memanggil orang Korea Selatan sebagai 'Han-guk' (Korea). Meski bukan sebuah hal yang tabu, namun jika kamu kamu menyebut kata tersebut di sana itu bakalan bikin orang Korea Utara menyeringai ke kamu. Selain itu, menyebut nama 'Korea Utara' juga tidak diperkenankan dan lebih baik menyebutkan negara ini sesuai nama resmi mereka, yaitu 'Democratic People’s Republic of Korea'.

2. Jangan sekali-kali berkomentar tentang bagaimana pemerintahan di sana.

4 aturan liburan korut © 2017 brilio.net

foto: claveland

Korut sangat tidak suka apabila orang asing menyebutkan tentang kondisi sistem negara mereka. Apalagi jika kamu menyebut bahwa Korea Utara adalah salah satu negara termiskin di dunia. Bisa-bisa kamu pulang tinggal nama doang!

Selain itu lebih baik jangan berkomentar apapun mengenai Kim Jong-un, at least jangan sampai kedengeran orang Korut.

3. Dresscode ketika liburan ke Korut.

4 aturan liburan korut © 2017 brilio.net

foto: theepochtimes.com

Sebagian besar destinasi atau tujuan yang dikunjungi di Korea Utara adalah monumen dan pemakaman dari para pemimpin yang pernah berkuasa di sana. Satu tempat yang selalu ada dalam daftar perjalananmu adalah berkunjung ke Kumsu-sang Memorial Palace atau Mausoleum. Saat berkunjung ke tempat-tempat ini ada dress code tersendiri sebagai bentuk penghormatan yaitu tidak boleh memakai kaos, celana jeans biru, celana pendek atau rok mini. Pakaiannya harus sopan atau kamu akan diusir.

4. Selalu bersama dengan pemandu wisata.

4 aturan liburan korut © 2017 brilio.net

foto: owafarmvacation.com

Korea Utara nggak mengizinkan buat orang asing melakukan perjalanan di seluruh negeri tanpa pemandu wisata. Bahkan jika kamu melakukan perjalanan secara individu sekalpun, paling nggak bakal ada dua orang pemandu akan selalu membuntuti kemanapun kamu pergi, dan mau tidak mau kamu harus setuju dengan aturan ini atau kamu tidak diizinkan berkeliling.

Nah gimana nih, Sobat Brilio? Udah siap buat terbang dan jalan-jalan ke Korea Utara?