Brilio.net - Pada tahun 2050, populasi dunia diperkirakan akan melebihi sembilan miliar. pada tingkat pertumbuhan yang fenomenal tersbeut tentunya kamu tahu akan membutuhkan pembangkit listrik yang lebih untuk memberikan standar hidup yang lebih tinggi untuk masyarakat dunia. Hal ini juga menuntut penggunaan yang lebih besar dari bahan, seperti aluminium, semen, dan bahan bakar, seperti minyak dan gas, untuk menciptakan dan mendukung infrastruktur tersebut.

Tetapi untuk membuat atau mengekstrak bahan bakar tersebut bukanlah proses yang mudah. Tentunya proses ini akan memiliki dampak pada lingkungan dan kualitas udara yang perlu diminimalkan. Selama beberapa dekade hingga sekarang, GE Steam Power Systems telah memimpin dalam industri ini untuk meningkatkan kualitas udara. Saat ini, perusahaan ini berada di garis depan upaya untuk mengurangi polusi udara, membantu pelanggan di seluruh dunia membersihkan emisi yang mereka hasilkan melalui pembangkit energi atau proses industri.

Untuk saat ini, perusahaan ini telah terinstal sistem kontrol kualitas udara di pabrik-pabrik industri di seluruh dunia yang secara kolektif mencapai sekitar 500 gigawatt output, menghilangkan polutan yang tak terhitung jumlahnya dan zat berbahaya dari udara. Kontribusi bersejarah teknologi GE telah dilakukan untuk membersihkan udara.

Hal ini menjadi bukti komitmen jangka panjang GE untuk inovasi, dan hanya dimungkinkan melalui investasi terus menerus dalam penelitian dan pengembangan teknologi yang paling efektif dan efisien. Berikut ini adalah 5 strategi GE untuk membuat kualitas udara bersih yang telah dilakukan selama ini, dikutip dari gerepots.co.id, Senin (26/12).

1. Mempekerjakan ahli udara bersih
Dalam hal sumber daya manusia, GE mempekerjakan lebih dari 1.000 ahli yang berfokus pada memajukan udara bersih dan inisiatif lingkungan.

2. Membangun 4 pusat pengembangan teknologi yang berorientasi lingkungan

polusi Istimewa

foto: talkvietnam.com

"Kami telah menetapkan empat pusat pengembangan teknologi di seluruh dunia, dan masing-masing bekerja menuju tujuan yang sama yang memungkinkan pelanggan kami untuk mendapatkan lingkungan yang baik," kata Fernando Bertoni, kepala Environmental Control Solutions at GE Steam Power Systems.

"FGD dan partikel sistem kering dikembangkan dan diuji di Vaxjo, Swedia, teknologi gas buang basah dipelihara dan dikembangkan di Milan, Italia, dan teknologi SCR ada di negara bagian Amerika Serikat, Tennessee, jadi ini benar-benar upaya besar dan upaya global untuk mengatasi masalah global," ujarnya lagi.

Pusat lainnya, yang mengkhususkan diri dalam sistem FGD air laut, terletak di Beijing, Cina, sebuah kota yang sering menjadi tempat peringatan kualitas udara. Air laut teknologi FGD yang GE telah kembangkan selama lebih dari 40 tahun dipasok ke pembangkit listrik dan fasilitas industri yang terletak di wilayah pesisir di seluruh dunia, termasuk di Asia, Eropa, dan Timur Tengah. Produk ini bekerja dengan mengambil air laut dan menggunakannya sebagai reagen untuk menyerap emisi sulfur dioksida.

Sistem kontrol kualitas udara yang GE mampu tawarkan untuk pelanggan dapat diterapkan di berbagai pembangkit listrik dan industri yang mengandalkan berbagai jenis bahan bakar dan memiliki kapasitas yang berbeda. Produk ini dapat digunakan di semua jenis bahan bakar fosil tanaman bertenaga, misalnya, aluminium, semen, minyak dan gas, baja, dan kertas.

Selain itu, sistem ini juga dapat dipasang di unit yang baru dibangun atau dipasang ke unit yang sudah ada, dengan GE yang mampu menyediakan berbagai komponen tunggal untuk sistem yang lengkap guna membantu pelanggan menerapkan solusi terbaik untuk mengurangi emisi.

3. Upgrade peralatan industri

polusi Istimewa

foto: talkvietnam.com

GE juga dapat melayani dan upgrade peralatan yang disediakan oleh produsen peralatan asli lainnya (oOEM), dengan solusi termasuk perencanaan dan pemasangan, pemeliharaan dan perbaikan, upgrade teknologi canggih, perjanjian layanan berbasis hasil, solusi tingkat pabrik scalable dan recommissioning atau relokasi.

"Didorong oleh lebih dari 230 tahun layanan pembangkit listrik yang berpengalaman, yang membentang di cakrawala, bisnis GE Power Services memiliki fleksibilitas untuk memecahkan masalah yang ada di dunia," kata Anders Maltesen, region general manager, Power Services, Asia Pacific.

4. Mengurangi jumlah daya
Cara lainnya yang digunakan adalah dengan mengurangi jumlah daya, dan solusi ini menjadi fokus penting GE. Mengurangi konsumsi daya dengan cara ini tidak hanya menghasilkan manfaat lingkungan, tetapi juga menghasilkan penghematan keuangan yang signifikan bagi operator. Ini akan menjadi keuntungan ekonomi dan salah satu alasan mengapa cara ini menjadi cara yang efektif untuk berinvestasi dalam teknologi.

Alasan lain mengapa perusahaan harus berinvestasi dalam teknologi ini adalah bahwa, di tengah meningkatnya sensitivitas perusahaan untuk jejak lingkungan yang lebih rendah, perusahaan telah didorong untuk fokus pada hasil produksi mereka.

5. Pemanfaatan teknologi digital
Teknologi digital yang dikembangkan oleh GE di pusat pengujian di Swedia memungkinkan operator untuk memantau emisi secara real-time. Dengan kontrol lanjutan GE dan software keamanan cyber, pembangkit listrik digital akan mampu menafsirkan uap yang diambil dari sensor di pembangkit listrik, menyoroti faktor kunci yang mempengaruhi kinerja (kualitas bahan bakar dan kondisi eksternal), kemudian mampu mengambil tindakan yang tepat melalui sistem kontrol loop tertutup.

Real-time monitoring faktor ini penting ketika steam digunakan sebagai sumber daya tambahan, mengharuskan mereka untuk meningkatkan generasi lebih cepat dan lebih sering. Software GE dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi emisi dari hampir semua uap, termasuk non-GE dan warisan Alstom dalam 25 tahun terakhir dengan menyumbang hingga 1,5 per efisiensi persen, yang membantu untuk mempertahankan efisiensi puncak untuk waktu yang cukup lama.