Brilio.net - Pernahkah kamu bayangkan di masa depan tanaman bisa menjadi sumber cahaya? Di setiap sudut rumah, lampu tidak dipakai lagi digantikan dengan cahaya dari tanaman.

Dilansir brilio.net dari designboom.com, Senin (18/12) ilmuwan dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT) ciptakan tanaman yang bisa menyala. Warna cahaya yang dipancarkan tanaman tersebut hijau terang.

Tanaman menyala tersebut ialah jenis yang hidup di air. Para ilmuwan memasukkan sebuah partikel mikro pada batang dan daun tanaman. Partikel yang dimasukkan dalam tanaman tersebut bernama luciferase, enzim yang sama membuat kunang-kunang dapat menyala.

Tanaman yang dibuat ilmuwan dari MIT ini bisa tetap menyala selama empat jam. Namun mereka percaya, dengan modifikasi lebih lanjut maka akan tercipta tanaman yang menyala lebih lama dan terangnya menyinari seluruh ruangan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Cahaya dari tanaman ini sementara dapat menjadi lampu kerja. Energi yang dihasilkan dari metabolisme tanaman membuatnya menyala. Para ilmuwan percaya dengan adanya tanaman ini dapat menghemat listrik yang kini menyumbang 20 persen konsumsi energi di dunia.

Nah berikut penampakan tanaman menyala ini.

1. Tanaman ini dapat menjadi lampu kerja.

tanaman menyala © designboom.com

2. Penampakan tanaman saat terkena cahaya matahari.

tanaman menyala © designboom.com

3. Tanaman tampak menyala dalam gelap.

tanaman menyala © designboom.com

4. Tanaman ini ialah jenis yang hidup di air.

tanaman menyala © designboom.com

(brl/swh)