Terlihat, ia mengenakan baju pengantin warna cokelat. Siswi yang tidak diketahui namanya itu juga mengenakan riasan bak pengantin. Penampilannya pun menjadi sorotan warganet. Setelah ditelusuri, ternyata ada alasan di balik penampilannya yang berbeda tersebut.

siswi SMP pakai baju pengantin TikTok

foto: TikTok/@shin3yyaa

Siswi tersebut menjelaskan alasannya berdandan layaknya pengantin. Usut punya usut, ternyata siswi ini memang ditunjuk dari pihak sekolah untuk mengenakan baju pengantin. Seperti diketahui, beberapa sekolah di Jawa Barat punya tradisi upacara adat Sunda setiap momen kelulusan.

Biasanya, pada momen tersebut akan ada 1 murid laki-laki dan 1 murid perempuan yang ditunjuk untuk memerankan sepasang pengantin. Hal itu juga diungkapkan siswi ini di akun TikTok miliknya. Pada unggahan selanjutnya, siswi ini menulis di caption bahwa dirinya berdandan bak pengantin lantaran menjadi perwakilan angkatannya untuk melakukan upacara adat.

siswi SMP pakai baju pengantin TikTok

foto: TikTok/@shin3yyaa

"Aku tuh perwakilan angkatan buat jadi pengantin upacara adat di graduation angkatan aku sendiri, itu aku lagi pengalungan sama salam-salaman ke guru-guru aku. Mungkin sebagian di acara graduationnya ada upacara adat atau nggak tergantung daerahnya masing masing. By the way, aku orang sunda jadi setiap ada yang graduation pasti ada pengantin buat upacara adat," jelas pemilik akun @shin3yyaa yang dikutip brilio.net, Selasa (30/5).

Tak hanya pemilik video yang memberi penjelasan. Banyak warganet ikut membantu menjelaskan kepada warganet lain yang salah fokus ketika melihat video viral yang sudah ditonton sebanyak 10,2 juta kali ini.

siswi SMP pakai baju pengantin TikTok

foto: TikTok/@shin3yyaa

"Itu lulus SMP langsung nikah atau gimana sih?," tanya akun @ijiww16.

"Bukan nikah, biasanya yang pakai baju pengantin tuh nilainya terbaik," timpal akun @yesajaa4 menjelaskan.

"Buat Warganet dari luar Jawa Barat emang kayaknya ngerasa wow, padahal di kami mah sudah biasa. Dari SD kalau acara kelulusan pasti ada perwakilan cewek dan cowok yang jadi pengantin," tulis pemilik akun @stawberry.kitty1.

"Masya Allah cantik banget yang jadi pengantin," ujar akun @lipstikviral_9

"Kalau pengantinnya ternyata pacaran auto menghayati ini mah," kata pemilik akun @puymon2.

@shin3yyaa

ga kerasa,tiba tiba lulus

suara asli - CB HASIL CABE - saya gandul