Brilio.net - James Bond, mendengar nama aktor  film action terlaris ini tentunya akan mengingatkan kita pada profesinya sebagai seorang agen mata-mata. Dengan perkembangan teknologi saat ini, para ilmuan sampai militer nyatanya mulai melirik hewan sebagai bagian dari agen rahasia. Meski ditentang oleh pecinta hewan, pada kenyataannya hewan memang banyak dimanfaatkan sebagai agen rahasia untuk menyelidiki  informasi tertentu yang tidak dapat dilakukan oleh manusia.

Dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/7). berikut adalah 7 hewan yang masuk daftar sebagai hewan yang pernah 'perankan' James Bond sebagai mata-mata.

1. Kucing

Hewan-hewan ini pernah 'perankan' James Bond, apa saja ya? foto : petfinder.com

Penggunaan hewan sebagai mata-mata sempat diterapkan oleh Central Intelligence Agency (CIA) pada tahun 1960. CIA melakukan pembedahan kepada kucing kemudian memasukkan mikrofon dan pemancar kedalam tubuh kucing tersebut. Menurut yang dituliskan The Telegraph, ke dalam tubuh kucing dimasukkan baterai, kabel serta penggunakan ekor kucing sebagai pengintai.

Loading...

2. Burung nasar

Hewan-hewan ini pernah 'perankan' James Bond, apa saja ya? foto : financialgazette.co.zw

Pertengahan tahun 2015, pemerintah Arab Saudi berhasil menangkap seekor burung nasar yang menggunakan gelang pemancar pada bagian kakinya. Setelah mengalami pengusutan, burung nasar dengan perlengkapan penyidikan itu berasal dari salah seorang ilmuan Universitas Israel. Kondisi ini sempat membuat hubungan kedua negara memanas, tapi dari pihak universitas kemudian menjelaskan bahwa keberadaan hewan dengan alat pemancar itu bertujuan untuk mengetahui pola migrasi dan bukan memata-matai Arab Saudi.

3. Singa laut

Hewan-hewan ini pernah 'perankan' James Bond, apa saja ya? foto : pittsburghzoo.org

Angkatan laut Amerika Serikat merekrut singa laut untuk dipasangi kamera pengintai dalam menyelidiki berbagai kejahatan yang terjadi di laut. Meski tindakan ini ditentang oleh para pecinta hewan, namun angkatan laut tersebut tetap melaksanakannya.

4. Lumba-lumba

Hewan-hewan ini pernah 'perankan' James Bond, apa saja ya? foto : site.google.com

Selain merekrut singa laut, angkatan laut Amerika Serikat pun merekrut seekor lumba-lumba untuk menjadi agen rahasia untuk program Marine Mammal Program. Keberadaan hewan ini bertugas untuk menyelidiki berbagai kejahatan yang terjadi di bawah air.

5. Elang

Hewan-hewan ini pernah 'perankan' James Bond, apa saja ya? foto : weknowyourdreams.com

Elang sempat menjadi kontroversi antara India dan Pakistan. India menuduh Pakistan mengirimkan seekor elang dengan alat pemasang berupa chip ditubuhnya dan bertugas mengintai kondisi di India. Seperti yang sempat diberitakan oleh BBC, seorang polisi India menjelaskan bahwa elang itu memang utusan untuk memata-matai tapi belum ada bukti itu berasal dari Pakistan.

6. Serangga

Hewan-hewan ini pernah 'perankan' James Bond, apa saja ya? foto : phys.org

US Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) merupakan kelompok ilmuwan yang melakukan penelitian untuk memasukkan telegraph ke dalam otak serangga yang terdiri dari elektroda, kamera video dan baterai. Alat telegraph itu dimasukkan ke dalam ngengat dan kumbang saat masih berbentuk kepompong, sehingga serangga ini nantinya dapat memberikan informasi dari daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau oleh manusia.

7. Ayam

Hewan-hewan ini pernah 'perankan' James Bond, apa saja ya? foto : blacksoldierflyblog.com

Seperti yang sempat ramai diberitakan BBC beberapa tahun terakhir tentara Amerika Serikat (AS) sempat menggunakan ayam sebagai mata-mata untuk mendeteksi letak gas beracun di wilayah perang. Ide pengunaan ayam sebagai mata-mata ini dipimpin oleh Kolonel Sanders. Namun tentara AS harus menelan kenyataan pahit bahwa agen rahasia mereka berguguran seminggu setelah tiba di lokasi sasaran daerah teluk.