Brilio.net - Indonesia memang dipenuhi dengan keajaiban yang tidak terduga. Lanskap alamnya selalu penuh misteri dan kejutan. Nggak heran kalau negara kita ini dijuluki sebagai 'Wonderland'. Memang, selalu ada hal unik yang terjadi di alam Indonesia. Termasuk keajaiban pulau bergerak sendiri yang tak terekspos berikut ini.

Viral di TikTok, sebuah video yang memperlihatkan pulau kecil yang bisa bergerak sendiri dan disebut sebagai Pulau Begansar. Pulau ini terletak di Desa Kuala Buin, Kecamatan Bunut Hilir, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Dalam bahasa setempat, begansar artinya bergerak. Memang pulau ini akan bergerak mengikuti arus air sungai di waktu tertentu.

pulau bisa bergerak sendiri kalimantan © berbagai sumber

foto: TikTok/@1_maret_ultah

Video ini diunggah oleh akun TikTok @1_maret_ultah. Tampak sebuah pulau kecil yang bergerak di batang sungai. Tampak warga sekitar masuk ke pulau tersebut dan mencoba merasakan sensasi pulau yang bergerak di atas sungai itu.

"Salah satu keajaiban dunia yang tak terexpose. Namanya pulau begansar(bergerak), terletak di kapuas hulu, kec. bunut hilir, desa kuala buin," tulis akun TikTok @1_maret_ultah.

"Dulu pulau nya ada tujuh, dan yang lima sudah mati tinggal dua pulau aja yang masih aktif, dan dipercaya yang 2 itu katanya sodara," tambah sang pengunggah video.

 

[crosslink_1]