Brilio.net - Buah-buahan di indonesia harganya cukup terjangkau, dan sangat mudah ditemukan di pusat perbelanjaan seperti pasar atau swalayan. Diantara beberapa buah, melon terbilang murah. Di Indonesia, harga buah melon berkisar antara Rp 10 ribu - Rp 20 ribu per kilogram.

Namun siapa sangka di Jepang terdapat melon yang dijual dengan harga yang sangat fantastis, yaitu Rp. 402 juta atau seharga mobil Innova keluaran terbaru. Wow! Salah satu sektor pertanian di Jepang baru-baru ini mengeluarkan produk melon premium. Banyak yang terkejut dengan harga buah melon ini, karena memiliki harga yang tak biasa.

Dilansir brilio.net dari ChannelNewsAsia, Kamis (31/5) melon ini dijual di sebuah toko buah di di Sapporo Central WholeShale Market, Hokkaido. Menurut salah satu staf toko, harga melon premium yang terjual berhasil melewati rekor dua tahun sebelumnya, dan cukup untuk membeli mobil baru di Jepang.

“Melon Yubari tumbuh subur tahun ini karena sinar matahari sangat konsisten sejak awal Mei,” ujar pengelola pasar Tatsuro Shibuta.

Rupanya, buah melon bernama Yubari ini telah lama dianggap sebagai simbol status sosial oleh warga Jepang, selain itu buah ini juga selalu jadi incaran warga Jepang untuk dijadikan hadiah kepada teman atau kolega mereka.

Loading...

Selain dari harga yang terbilang berbeda dengan buah melon lainnya, Yubari memiliki bentuk bulat sempurna seperti bola dengan tekstur kulit yang sangat halus. Selain itu, bagian tangkai juga menjadi salah satu faktor yang membuat harganya melambung tinggi. Jika tangkai membentuk huruf T sempurna, maka akan semakin tinggi pula harganya.

Untuk mempercantik tampilannya, buah akan dikemas dalam kotak hiasan dan biasanya akan segera diberikan kepada orang-orang terdekat atau rekan bisnis, dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi. Seperti itulah kebiasaan unik masyarakat Jepang.