Brilio.net - Saat ini, pemenuhan nutrisi bagi anak Indonesia masih menjadi perhatian khusus pemerintah. Pasalnya banyak orangtua yang belum memahami pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi yang seharusnya diberikan sejak dini kepada anak.

Data menyebut 8 dari 10 anak usia sekolah (4-12 tahun) masih kekurangan konsumsi DHA & Omega 3. Kedua zat tersebut memiliki peran pada perkembangan otak agar optimal. Biasanya DHA dan Omega 3 ditemukan di ikan maupun susu.

Untuk itu, saatnya pemahaman tentang pentingnya asupan nutrisi seimbang, pola hidup bersih, dan sehat perlu dipupuk sejak dini. Pasalnya, asupan nutrisi bisa memengaruhi kesehatan setiap orang di masa depan.

Pahlawan nutrisi © 2019 brilio.net

Pahlawan nutrisi-© 2019 brilio.net/Syifa

Loading...

Bila hanya memberi edukasi lewat seminar kepada orangtua tentu akan menjadi hal yang membosankan. Oleh sebab itu, perlu adanya edukasi secara kreatif yang dapat diterima oleh orangtua juga anak-anak.

Seperti halnya dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia (AYODI) yang berkolaborasi dengan Danone membuat pertunjukan bertajuk 'Pahlawan Nutrisi' di acara Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) 2019 yang diselenggarakan di Museum Nasional, Jakarta.

Pahlawan nutrisi © 2019 brilio.net

Pahlawan nutrisi-© 2019 brilio.net/Syifa

"Edukasi tentang pola makan yang seimbang dan tepat melalui dongeng dipilih karena merupakan salah satu jenis edukasi yang menyenangkan dan dapat menarik perhatian anak-anak" ujar Founder Ayo Dongeng Indonesia, Ariyo Zidni kepada brilio.net di Jakarta.

Menurut Ariyo, cerita atau literatur mampu menyampaikan nilai-nilai, kepercayaan, serta membentuk persepsi anak-anak.

Pahlawan nutrisi © 2019 brilio.net

Pahlawan nutrisi-© 2019 brilio.net/Syifa

Sesuai dengan tema ‘Kisah Para Pahlawan’ tahun ini, kelompok relawan karyawan Danone menampilkan cerita edukasi nutrisi dengan membawa karakter pahlawan melalui cerita “Pahlawan Nutrisi”. Cerita ini mengisahkan perjalanan tiga sahabat; Nana, Nini, Nunu untuk menjadi anak yang sehat.  

Sementara itu, Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin, mengatakan masa anak-anak merupakan kesempatan terbaik untuk memupuk cita-cita Indonesia untuk bersama maju mewujudkan generasi yang lebih sehat menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sebagai pionir di bidang makanan dan minuman sehat, pihaknya  berkeinginan untuk membawa kesehatan melalui makanan ke sebanyak mungkin manusia di dunia.

Edukasi berkelanjutan kepada komunitas termasuk anak-anak ditujukan untuk perubahan perilaku melalui pesan yang diulang-ulang dan mudah diingat seperti dongeng.

"Kami sangat senang karyawan kami kembali berkolaborasi dengan AYODI dan berkesempatan berbagi inspirasi tentang pentingnya nutrisi kepada anak-anak melalui dongeng,” pungkasnya.