Brilio.net - Seperti yang kita ketahui bersama, di bulan suci Ramadhan ini terdapat satu amalan yang tidak kalah pentingnya dan termasuk ke dalam rukun Islam yaitu zakat. Zakat dilakukan sebelum bulan yang penuh berkah ini selesai. Pasalnya menunaikan zakat fitrah hukumnya adalah wajib.

Zakat fitrah memiliki tujuan sebagai bentuk atau cara umat muslim dalam membersihkan diri dengan membagikan sebagian hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan. Bagi seseorang yang membayar zakat fitrah maka telah berbuat kebaikan, sementara bagi seseorang yang menerima zakat berarti orang tersebut menerima kebaikan orang lain.

Orang yang menerima zakat fitrah umumnya ditetapkan ke dalam 8 golongan, di antaranya fakir dan miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, garimin, fisabilillah, dan ibnu sabil. Hal ini juga sesuai dengan firman Allah yang tertera dalam surat At-Taubah ayat 60, artinya:

"Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

Bagi seseorang yang menerima zakat, hendaknya berdoa sebagai bentuk rasa syukur. Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, doa menerima zakat fitrah beserta terjemahan dan syaratnya, Selasa (19/4).

- Doa menerima zakat fitrah.

Doa menerima zakat fitrah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Apabila zakat telah tersalurkan kepada orang-orang yang tepat dan membutuhkan, diantara 8 golongan tersebut, maka mereka juga disunnahkan untuk membaca doa menerima zakat fitrah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah di bulan suci Ramadhan ini.
foto: istimewa

"Aajaraka Allahu fiima a'thayta wa baaraka fiima abqayta wa ja'alahu laka thahuran".

Artinya:

"Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu."